Pentingkah Turning Point dalam kehidupan kita?

titik balik

Turning point atau titik balik merupakan suatu kondisi yang dapat dialami oleh seseorang ketika terjadi transformasi besar dalam menentukan pandangan tentang diri. Transformasi ini terjadi secara bertahap dan prosesnya berbeda-beda. Sering ditemui dalam proses ini adanya perbedaan gap kondisi realistis dan kondisi ideal.

Setiap orang orang punya waktu dan momen yang berbeda untuk ketemu dengan titik balik dalam kehidupan mereka. Setiap orang berpotensi menemukannya dan batas waktunya pun tidak dapat ditentukan. Titik balik ini arahnya bisa bersifat positif maupun negatif, setiap orang punya titik balik hidup yang berbeda-beda. Lalu, seberapa pentingkah turning point atau titik balik itu dalam hidup kita?

2 Likes

Turning point atau titik balik menjadi sebuah periode yang dialami oleh seseorang ketika terjadi transformasi besar dalam menentukan pandangan tentang diri. Transformasi ini terjadi secara bertahap dan prosesnya berbeda-beda. Menurut saya di dalam kehidupan kita diperlukan sebuah Turning Point untuk kita bisa menjadikan kejadian tersebut sebagai pembelajaran.

Transformasi turning point ini terjadi secara bertahap dan proses nya berbeda-beda. Dampak dari turning point ini seseorang dapat merasa stress dengan sesuatu yang ia tak harapkan itu datang. Ketika seseorang mengalami turning point, disanalah terdapat kesempatan yang mampu menjadikan kita tangguh dan lebih kuat di masa yang akan datang, tentu jika disikapi dengan cara yang tepat.

Adapun proses ini tentunya berbeda setiap orang nya baik dari cara dan waktu maupun umur. Untuk menghadapi turning point ini kita harus memiliki mindset berjuang dan tidak menyerah, lalu move on dengan situasi tersebut dan ubah stress menjadi teman dan yang terakhir adalah menetapkan tujuan hidup

Turning point merupakan suatu momen titik balik dimana saat kita memandang segala sesuatu dengan cara yang berbeda. Dampaknya adalah perubahan besar yang akan terjadi pada hidup seseorang. Turning point pada setiap orang terjadi berbeda-beda. Turning point pada setiap orang waktunya tidak dapat ditentukan. Turning point juga dikatakan merupakan momen penting untuk bisa menuju kesuksesan. Namun, hal ini bisa bersifat positif atau negatif. Untuk ini, kita harus menyikapi turning point yang terjadi dengan sebaik mungkin.

Hal yang dapat kita lakukan adalah selalu berusaha untuk tetap positif. Tidak peduli sebesar apapun masalahnya, hal tersebut akan jadi pembelajaran kita untuk bisa menyikapi masalah tersebut dengan bijak apabila terjadi lagi di masa yang akan datang. Kita juga hendaknya tidak perlu berlarut-larut dan terjebak dalam masa lalu. Kita cukup menjadikan masa lalu sebagai pembelajaran kita untuk di masa yang akan datang. Hendaknya kita juga berusaha untuk selalu introspeksi dengan diri kita sendiri agar bisa memperbaiki diri kita untuk menghadapi hari yang akan datang. Jadi, menurutku turning point dengan itu cukup penting untuk terjadi di hidup kita, apalagi dengan dengan penyikapan yang bijak, hal ini bisa menjadi trigger kita untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi