Penting-Tidaknya Penggunaan Teknologi Untuk Mengurangi Antrian Pelanggan

Menurut situs pengertian dari antrian adalah sebuah keadaan yang kita alami sehari mulai dari antri untuk membeli tiket di loket hingga antri untuk mendapatkan layanan kebutuhan kita sehari-hari seperti di kasir supermarket dll. Pada dasarnya mengantri adalah kegiatan yang sangat membosankan hal ini dikarenakan kita harus menunggu untuk waktu yang tidak sebentar agar dapat dilayani, Antrian sendiri muncul dikarenakan adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan akan layanan yang besar dan kapasitas dari pemberi layanan/fasilitas layanan yang terbatas, menyebabkan pengguna fasilitas tidak dapat segera mendapat layanan dikarenakan kesibukan dalam pelayanan yang terjadi. Untuk dapat mengurai antrian yang terjada ada banyak hal yang dapat dilakukan seperti memberi tambahan fasilitas pelayanan namun untuk melakukan penambahan fasilitas pelayan tersebut dibutuhkan biaya tambahan sehingga akan berdampak pada pengurangan keuntungan yang didapatkan namun apabila sering terjadi antrian apalagi antrian yang panjang dapat mengakibatkan berkurang atau bahkan hilangnya pelanggan atau konsumen. Untuk dapat mengurangi waktu tunggu yang dibutuhkan dalam melayani pelanggan membutuhkan investasi ekstra, namun untuk dapat menentukan penting - tidaknya investasi tersebut penting untuk mengetahui efek dari investasi ekstra tersebut.

Salah satu bentuk investasi tersebut adalah menggunakan sebuah sistem booking sehingga dapat mempermudah dalam mengatur alur pelayanan pelanggan sehingga dapat mengurangi antrian yang akan terjadi. Contohnya adalah yang dilakukan AHASS yang merupakan bengkel resmi servis sepeda motor bermerk Honda dalam menjalankan fungsi operasionalnya AHASS menggunakan sistem booking.

Menurut situs booking servis yang mana tujuan dari sistem ini adalah mempermudah pelanggan apabila ingin melakukan servis kendaraan bermotornya secara berkala bahkan dengan sistem ini pelanggan tidak perlu datang langsung ke bengkel resmi melain teknisi akan datang ke rumah pelanggan.

Produk gagal

produk yang di buat oleh maskapai pesawat citilink mengalami sebuah kegagalan. Dimana kegagalan tersebut terjadi saat adanya booking pesawat. Saat transaksi pembayaran selesai belum adanya respon yang cepat dari Customer Service untuk verifikasi melalui sebuah email, tetapi pelanggan mendapatkan itenerary dengan status yang tidak jelas. Apakah itenerary tersebut pertanda sudah membayar / hanya booking pesawat melaluii web tersebut. Sedangkan sistem tersebut tidak adanya refund otomatis jika terjadi kegagalan dalam transaksi pembayaran booking pesawat.

Produk Gagal

berdasarkan pengalaman saya terjadinya produk gagal pada situs jual-beli online pada Tokopedia.com dimana terdapat opsi “pembatalan pesanan” namun pada kenyataan nya tidak tersedia opsi “pembatalan pesanan” tersebut yang sewaktu-waktu apabila terdapat seorang pelanggan ingin membatalkan pesanannya maka pengguna tidak dapat membatalkan nya dengan kata lain pelanggan dapat membatalkan pesanan apabila pelanggan tidak membayarkan transaksi untuk pemesanan tersebut hingga melebihi batas tanggal yang telah di tentukan pihak Tokopedia. saya sendiri mengalami hal tersebut dimana saya telah menanyakan customer service Tokopedia.com bagaimana membatalkan pesanan dengan jawab mengarah pada opsi pembatalan pesanan namun saya kembali menanyakan kepada customer service namun tidak mendapatkan jawaban yang jelas bagaimana melakukan proses pembatalan pesanan. tidak hanya itu pada situs jual-beli online Tokopedia.com sistem verifikasi setelah pembayaran pun terbilang cukup lama dan lambat untuk mendapatkan konfirmasi bahwa pesanan akan di teruskan ke penjual.

Tokopedia

Produk Berhasil

Traveloka adalah salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat,kereta. Traveloka sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses melalui PC dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget yang memiliki OS(Operating System) Android. Menurut Situs yang mereview Traveloka, Traveloka memiliki beberapa kelebihan dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih Murah karena tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada setiap pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan yang dapat dibilih sesuai keinginan, serta traveloka lebih terpercaya karena dalam sistemnya ketika kita sudah memesan tiket akan muncul waktu untuk pembayaran tiket tersebut apabila dalam waktu yang telah ditentukan pelanggan tidak melakukan pembayaran maka pesanan akan otomatis terblokir oleh sistem.

Terdapat pula fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih mempermudah Customer apabila akan membatalkan atau mengatur ulang detail mengenai pemesanan tiket. Untuk refund sendiri adalah fitur yang dapat digunakan oleh Customer untuk membatalkan pemesanan tiket dan mengambil kembali uang yang telah dikirimkan. Sedangkan untuk re-schedule adalah fitur untuk mengganti beberapa detail pemesanan tiket misalnya mengganti tanggal yang tertera pada pemesanan tiket.

Sejarah Traveloka
Traveloka pertama kali didirikan oleh Ferry Unardi salah satu young entepreneur asal padang yang menimba ilmu di Purdue University Amerika Serikat. Sebelum mendirikan traveloka Ferry sempat bekerja sebagai Software Engineer di kantor cabang perusahaan Microsoft yang berada di kota Seattle.

Alasan memulai bisnis di E-Commerce dikarenakan oleh perkembangan internet di indonesia yang sangat cepat. Alasan membuat traveloka adalah Ferry merasa travel telah menjadi salah satu aktifitasnya karena selama 8 tahun di Amerika dia harus sering pulang ke indonesia kala libur kuliah, serta seringnya berlibur ke beberapa tempat wisata termasuk yang ada di tanah air. Sedangkan untuk dapat mendapat tiket yang diinginkan sangat sulit, alasan kedua adalah untuk dapat memesan tiket melalui web sulit untuk mencapai kata sepakat dikarenakan website yang eror atau agent travel website tersebut tidak melakukan Follow Up lebih lanjut.

Awalnya muncul pada maret 2012 tidak memiliki investor dan hanya dikembangkan oleh Ferry beserta teman-temannya, percaya masuk pasar karena mengedepankan slogan Trustworthed (terpecaya) dan layanan informasi interaktif selama 24 jam.

Click for more Information…