Pengiring dari Tari Gandrung

Untuk menari, biasanya kita akan diiringi oleh alunan musik atau nyanyian atau lainnya. Lalu, apa yang menjadi pengiring dalam menarikan Tari Gandrung ini?

Tari Gandrung diiringi oleh iringan musik pengiring seperti kempul, gong, kluncing, biola, kendang dan kethuk. Selain itu sebagai kreasi biasanya juga terdapat beberapa instrument lain seperti saron bali, angklung, rebana dan electone. Selain itu, tari ini juga diiringi dengan Panjak, yaitu seorang pemberi semangat dengan sorakan dan kata – kata yang kocak sehingga dapat memeriahkan pertunjukan. Peran panjak tersebut biasanya dilakukan oleh pemain kluncing.

instrumen musik pengiring tari gandrung terdiri dari :

  • Biola sebanyak 2 buah, yaitu bentuk instrumen yang berfungsi sebagai pembuat melodi gending yang dibawakannya.

  • Kethuk 1 ancak yang terdiri dari 2 buah pencon, berfungsi sebagai pembuat irama dan memperta-jam rithme untuk menambah manisnya irama gendhing- gendhing yang dibawakan.
    image

  • Kendang 1 buah tetapi biasanya juga ada yang 2 buah, merupakan unsur pokok yang mampu menyatukan ritme serta tempo permainannya agar lebih harmonis disamping itu juga berfungsi sebagai pengatur irama dan penuntun atau pemantap unsur-unsur berbagai tari yang dibawakan oleh penari Gandung.
    image

  • Gong 2 buah yang berfungsi sebagai pemanis suara indah pada akhir komposisi nada.
    image