Penggunaan sitrun dalam menurunkan larutan hidroponik

Hidroponik menjadi alternatif dalam budidaya tanaman, terutama bagi para penduduk kota yang tidak memiliki lahan yang luas. Cara budidayanya pun mudah untuk dipelajarin dan dipraktikkan.

Banyak kendala yang terjadi saat melakukan budidaya hidroponik. Salah satu yang menjadi kendala saya dalam budidaya adalah kesulitan memeroleh air baku dengan pH rendah. Solusi yang umum diberikan adalah menggunakan larutan pH down. Namun harus ada solusi lain, ketika tidak mempunyai budget yang cukup. Akhirnya tercetus pemikiran untuk menggunakan sitrun (asam sitrat), yang biasa digunakan untuk bahan kue (Doulia et.al, 2006) atau untuk menghilangkan noda di pakaian.

Menurut Lingappa et.al (2002), asam sitrat adalah asam organik yang diproduksi secara bioteknologi. Secara alami terdapat di buah buahan lemon dan jeruk. Asam sitrat termasuk asam lemah, rentang pH antara 3-6. Berdasarkan referensi tersebut, saya pun mencoba menggunakan sitrun untuk menurunkan pH air baku.

Hasil yang diperoleh pun pH mengalami penurunan signifikan, dari yg awalnya 8 bisa turun hingga 5. Sehingga penggunaan sitrun bisa dipertimbangkan untuk menurunkan pH.

Untuk sharing mungkin teman teman bisa menginfokan memakai larutan apa untuk menurunkan pH air baku. Terima kasih

1 Like