Pengaruh apa saja yang dibawa oleh game dengan genre mobile MOBA yang sedang trend saat ini?

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) adalah genre game yang tengah sangat hype di kalangan gamer Indonesia saat ini. Game jenis ini lebih dulu ngetren di PC, dan sekarang semakin ngetop sejak kehadiran di perangkat mobile melalui Mobile Legends: Bang bang yang dibawa oleh Moonton ke Indonesia.

Mobile Legends: Bang bang adalah sebuah game mobile MOBA klasik yang disuguhkan dalam sistem pertempuran 5 v 5 secara real-time melawan pemain lain dari seluruh dunia. Mobile game yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS ini memiliki peta dengan tiga jalur. Setiap kelompok memiliki sembilan turret atau menara penjaga (tiga turret di setiap jalur) dan satu menara utama di markas. Pemenang pada game ini adalah kelompok yang berhasil menghancurkan menara utama lawan lebih dulu.

Bicara mengenai esports untuk kategori mobile MOBA, Mobile Legends memang bukanlah MOBA yang pertama. Sebelumnya, Vainglory lebih dulu hadir di Indonesia dan mendapat sambutan yang cukup baik dari komunitas gamer MOBA. Hanya saja, ketika Mobile Legends rilis di Indonesia, mobile game yang akrab disebut ML ini ternyata mampu menarik lebih banyak perhatian gamer, bahkan gamer di luar komunitas MOBA.

Seiring dengan perkembangan game mobile MOBA ini, apa saja pengaruh yang dibawa ke kalangan gamer Indonesia maupun gamer di dunia?

1 Like

Pengaruh dari adanya game MOBA yang menjadi trend saat ini adalah semakin menjamurnya lomba - lomba maupun turney yang ada dari yang online maupun yang offline. Ini menjadikan e-Sports sebagai bidang yang baru dalah merambah berbagai macam kegiatan positif.