Penentuan pemenang dalam sebuah olahraga. Durasi waktu atau skor?

olahraga

(Muhamad Adeseno Marantisa) #1

Kita tahu dalam dunia olahraga terdapat sebuah persaingan didalamnya untuk menentukan sang juara atau pemenang. Di setiap olahraga pasti memiliki aturan masing-masing untuk menentukan pemenangnya.

Seperti contoh voli, voli menggunakan sistem skor (25point) dan terdapat 3 babak/ronde untuk menentukan pemenangnya tanpa adanya batasan waktu. Kita bisa melihat tim mana yang memperoleh skor 25 terlebih dahulu tulah yang menang. Jadi kalau pertandingan voli hanya berlangsung 30 menit saja per ronde tetapi sudah ada pemenangnya (tim yang terlebih dahulu memperoleh 25 point), maka pertandingan itu berakhir dan dilanjutkan ke ronde berikutnya sampai 2-3 ronde. Kira-kira 1,5 jam waktunya kalau itu sampai ronde ketiga. Tidak menutup kemungkinan juga kalau pertandingan voli itu berlangsung lebih 2 jam per ronde tetapi baru ada pemenangnya per ronde itu. Itu tidak masalah, sah-sah saja. Jadi kalau di total bisa menjadi 6 jam untuk memperoleh pemenangnya apabila dilakukan 3 ronde. Wow sungguh lama sekali.

Sedangkan untuk pertandingan sepakbola, bola basket, dll cara menentukan pemenangnya dengan durasi waktu dan skor. Untuk sepakbola 45 menit per babak dan bola basket 10-12 menit per quarter dengan skor yang bebas tanpa ada batasan. Apabila durasi waktu itu sudah habis maka pertandingan itu berakhir dan melihat skor untuk mengetahui pemenangnya. Jadi bisa dibilang kalau pertandingan sepakbola itu hanya berlangsung 90 menit dan bola basket 40-50 menit.

Sungguh jauh berbeda waktunya apabila dibandingkan dengan olahraga yang menggunakan sistem skor seperti voli. Nah, mengapa pada pertandingan sepakbola dan bola basket tidak menggunakan sistem skor? Mengapa menggunakan sistem durasi waktu dan skor? Apakah bisa jika pertandingan sepakbola / basket menggunakan sistem skor dalam menentukan pemenangnya tanpa ada durasi waktu? Berikan pendapatmu!


(Putera Maranatha sitorus) #2

setiap cabang olahraga berbeda rules dan sistem penilaian
ada yang berdasarkan waktu seperti lari dan renang dan juga ada sistem score seperti tinju basket dan sepakbola
anda tidak bisa mempersamakan rule suatu olahraga dengan cabang olahraga yang lainnya
misalnya tinju dalam tinju sistem skornya itu dilihat selain dilihat dari knock downnya dan juga pemenangan setiap ronde nya (total 11 ronde) beda hal dengan basket
basket dilihat dari jumlah skor yang dimasukan semua sesinya
intinya berbeda cabang olahraga berbeda juga sistem penilaian dan rulesnya


(Ishak Robin Simorangkir) #3

Tergantung karakter permainannya. Sebenarnya setiap permainan olahraga sudah dirancang agar efektif.
Sekarang coba pikirkan, misalnya sepak bola, dimana untuk meraih 1 poin dibutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan sampai waktu berakhir pun banyak yang hasilnya imbang 0-0. Coba jika peraturannya diubah jadi yang menang harus meraih 3 gol pertama. Berapa lama waktu yang dihabiskan?. Nah, itulah yang menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan saat membuat peraturan permainan.