Pendapat atau tanggapan mengenai layanan streaming musik gratis


(Muhamad Rifky) #1

Halo, jaman sekarang musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kesibukan yang tinggi membuat manusia sangat mudah jenuh. Dan musik menjadi salah satu hiburan jika kita sedang mengerjakan sesuatu, atau sedang dalam perjalanan atau lainnya. Musik sendiri dapat kita peroleh dari mana pun, entah kita membeli kaset atau cd, streaming di youtube, dan yang baru-baru ini hangat menurut saya adalah menggunakan layanan streaming musik (spotify,joox, dll).
Menggunakan layanan streaming musik ini saya tidak tahu, entah mereka ada untung atau tidak, tetapi misalnya berbeda dengan youtube, dengan google adsensenya, makin banyak view makin banyak uang yang diperoleh. Misalnya pada layanan spotify, taylor swift tidak menyediakan albumnya untuk ini. Kalau saya baca baca banyak yang berpendapat jika layanan seperti ini kurang menguntungkan. Layanan musik seperti ini sebenarnya bisa berbayar maupun gratis, namun saya sempat juga mencoba layanan berbayarnya dan gratis, dan bedanya hanya ada iklan dari penyedia dan itupun tidak lama. Bagaimana pendapat anda terhadap layanan musik ini?


(Rida Nafianti) #2

Layanan musik streaming seperti JOOX ataupun Spotify termasuk sebuah layanan streaming lagu yang legal sama seperti AppleMusic yang disediakan oleh Apple. Layanan ini membantu untuk para penikmat musik untuk dapat menikmati musik tanpa harus mendownload lagu di internet secara gratis. Karena dengan mendownload lagu secara gratis melalui source yang tidak jelas dapat dikatakan melanggar hak cipta yang juga merugikan para musisi. Dengan adanya layanan seperti JOOX ataupun Spotify, mendownload musik secara illegal bisa dikurangi dengan mulai memutar musik yang legal.

Soal Taylor Swift yang tidak menyediakan layanannya di Spotify, itu disebabkan terdapat masalah dalam pembagian royalti (http://www.compusiciannews.com/read/CEO-Spotify-Angkat-Suara-Perihal-Komentar-Taylor-Swift-Mengenai-Spotify-1779).


(Tiara Pangestu) #3

tanggapan saya mengenai adanya layanan streaming musik gratis sangat bagus, karena setiap pribadi seseorang merasakan kejenuhan dalam aktivitasnya, kebanyakan dari semua orang adalah mendengarkan musik. namun selama ini orang banyak malas untuk men-download lagu yang ingin mereka dengarkan, karna untuk mendownload butuh waktu untuk menunggu hingga proses download tersebut selesai. tetapi, dengan adanya layanan musik streaming gratis ini, semua orang bisa mendengarkan semua lagu yang mereka sukai, tanpa harus mendownload terlebih dahulu, kapanpun dan dimanapun. selain itu, layanan tersebut memberikan musik yang legal, tidak seperti pada saat kita men download sendiri melalui google, kita tidak tahu apakah musik tersebut legal atau ilegal.