Penanganan Secara Preventif Selama Pandemi Covid-19 Bersama KKN UNS Tanggap COVID-19

   Kegiatan KKN COVID-19 UNS di RT 01 RW 16 Desa Jaten, Karanganyar yang dilaksanakan oleh mahasiswa Agroteknologi UNS, A. Salma Sabilla Soenarto telah dilaksanakan selama kurang lebih 45 hari yaitu dari tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2020 sesuai dengan bimbingan Drs. Waridi Hendro Saputro, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan. Adapun tema KKN COVID-19 yang dipilih adalah “Tema Besar Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19”.


Gambar. Pemberian masker, handsanitizer, dan pamlfet kepada masyarakat

   Kegiatan pendukung pelaksanaan program kerja KKN COVID-19 UNS antara lain (1) Pengedukasian tentang virus corona dan upaya pencegahannya melalui pembuatan pamflet, video, dan diskusi sederhana melalui media sosial dan google meet, (2) pengedukasian mengenai penerapan hidup bersih dan sehat, penggunaan masker, dan cuci tangan melalui grup WhatsApp dan Instagram, (3) pengadaan masker dan *hand sanitizer* kepada masyarakat, serta (4) Memberikan tutorial pembuatan *hand sanitizer* sesuai standar WHO ( *World Health Organization* ) yang dipublikasi di akun media sosial.

   KKN UNS Tanggap Covid-19 sangat didukung oleh masyarakat RT 01/RW 16 Desa Jaten, Kabupaten Karanganyar. Di sisi lain kelurahan Jaten saat itu termasuk daerah zona orange atau daerah dengan transmisi lokal penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Adanya KKN UNS Tanggap Covid-19 sangat memberikan dampak positif di masyarakat terutama dalam hal memberikan pemahaman tentang Covid-19 di masyarakat yang sesuai dengan tema besar KKN yaitu “ *Supporting* pemahaman masyarakat terhadap virus COVID-19”. Selain itu adanya usaha masyarakat untuk memutus penyebaran rantai virus corona dengan menggunakan masker dan handsanitizer ketika bepergian serta menambah pemahaman masyarakat terkait penggunaan masker yang benar dan etika ketika batuk/bersin salah satu hasil dalam melakukan edukasi pemahaman selama pandemi Covid-19. Selain kegiatan KKN ditujukan kepada warga RT 01/RW 16 Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, kegiatan KKN ini juga melakukan sasaran ke masyarakat luas melalui publikasi poster edukasi *,* informasi seputar virus corona, serta video tutorial pembuatan *hand sanitizer* juga disambut dengan baik oleh pengguna instagram. Hal ini didukung dari banyaknya jumlah *views, likes,* serta *comment* dalam *postingan* instagram.