Pemijahan Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)

Bagaimana cara Pemijahan Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl Gourami)?

Pemijahan budidaya ikan sepat mutiara dilakukan setelah kolam selesai dipersiapkan. Indukan dimasukkan secara berpasangan ke akuarium pemijahan.

Setelah beradaptasi biasanya induk jantan akan segera membangun sarang dari gelembung busa dan tidak mau di dekati oleh pasangannya. Gelmbung busa yang dibangun tidak berapa tebal, sedangkan luasnya berkisar 15 - 20 cm2.

Setelah selesai induk jantan mutiara akan menghampiri pasangannya dan memijah di bawah permukaan busa. Pemijahan ini akan menghasilkan telur lebih dari 1000 ekor. Setelah terlihat selesai, dan telur-telur sudah selesai dikeluarkan sang betina, maka jangan sampai terlambat, induk sepat mutiara betina diangkat dan pindahkan ke tempat lain.

Indukan jantan sepat mutiara tetap bersama telurnya. Ia akan menghampiri gerombolan telur dan merusak gelembung busa yang telah selesai dipakai dengan cara menyemprotkan pasir yang dipungut dari dasar tempat pemijahan.

Te;ur-telur sepat mutiara ini akan menetas dalam tempo 2 - 3 hari dan kuningnya akan habis setelah kurang 4 hari. Pada saat benih telah habis kuningnya, inilah mereka sudah bisa bergerak bebas, berpindah kemana suka.