Pemijahan Budidaya Ikan Neon Tetra

Berikut merupakan cara pemijahan budidaya pada ikan neon tetra

Akuarium budidaya ikan neon tetra diisi dengan air suling, diamkan beberapa hari. Jangan lupa memberi jenis tanaman air seperti hydrilla atau Myriopyllum yang sudah di cuci dengan bersih, jangan lupa memberi penutup pada atap akuarium biar tak ada debu yang masuk.

Induk-induk ikan neon tetra dimasukkan kedalamnya dan diberi makan cuk. Kemudian seluruh isi akuarium, tak terkecuali bagian atasnya haru ditutup gelap. Pada malam hari biasanya indukan sudah aktif memijah dan berlangsung selama 3 jam.

Setelah selesai memijah, cepat-cepat induk dipisahkan, dirawat dilain tempat. Pemindahan induk dilakukan dengan cepat untuk melindungi telur sensitif. Selanjutnya menutup akuarium pemijah dengan rapat selama 24 jam. Jangan sampai mengintip, apalagi membuka penutup, karena akan mematikan telur ikan neon tetra.

Setelah 24 jam dalam ruangan telur akan menetas. Beberapa telur yang tidak kena sperma ikan jantan akan mati, berwarna putih susu. benih belum perlu diberi makan.

Setelah berumur 4 hari, pada saat kandungan kuning telur habis, makanan ikan neon tetra atau burayak ini bisa dikasih rotifera. Pelepasan selubung atau kertas penutup harus dilakukan secara bertahap, tidak boleh sekaligus.