Pemeliharaan Budidaya Ikan Hias Botia (Clown Loach)

Bagaimana Cara Pemeliharaan Budidaya Ikan Hias Botia (Clown Loach) ?

Dalam melakukan budidaya ikan hias botia (clown loach) harus bisa melakukan secara intelektual, karena sampai saat ini para pembudidaya ikan hias harus puas dengan urusan pembesaraannya saja. Namun jangan keburu mengira merawat ikan botia bisa dianggap mudah seperti merawat jenis ikan hias lainnya.

Meski sama-sama ikan air tawar, ia menuntut kesabaran dan ketelatenan yang ekstra jika tidak ingin melihat kematiannya. Ada beberapa persyaratan penting dalam merawat botia di dalam kolam maupun akuarium yaitu:

  • Air yang ideal untuk merawat ikan botia dengan suhu 26 - 30 derajat C. Dianjurkan untuk tidak menggunakan air ledeng kendati harus diperlakukan secara khusus.
  • Kadar oksigen yang larut dalam air sama dengan ikan lainnya yaitu 3 - 5 ppm. Ia membutuhkan air jernih dan untuk memenuhi kebutuhan ini ada baiknya penggantian air dilakukan 2 - 3 hari sekali, sehabis diberi makan. Untuk menjaga kejernihan air supaya tepat. Gunakan juga filter untuk menyaring kotoran dan membuat oksigen.
  • Kebiasaan ikan hias botia yangbiasanya akan mengeluarkan lendir terlalu banyak, begitu banyaknya acapkali membuat air cepat keruh. Dan yang lebih celaka lagi, lendir sering mengakibatkan tertutupnya insang. Sudah tentu akibat ini membuat si botia megap-megap tak bisa bernafas.