Pelukis Indonesia, Srihadi Soedarsono

Indonesia, melahirkan begitu banyak pelukis yang ahli salah satunya Srihadi Soedarsono. Bagaimana asal mula Srihadi Soedarsono menjadi seorang pelukis?

Srihadi Soedarsono

Srihadi Soedarsono lahir pada tanggal 4 Desember 1931 di Surakarta. Adalah salah satu pelukis yang karyanya di buru banyak kolektor dalam dan luar negeri. Dimulai pada tahun 1945-1948 ia menjadi wartawan pelukis dan bergabung dengan Seniman Indonesia Muda pada tahun 1847-1952, dan ia mulai aktif mengikuti pameran-pameran di Solo dan yogyakarta. Pengetahuannya terhadap dunia seni membuat ia menjadi dosen di Universitas Indonesia yang sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung.

Awal dari karyanya mencangkup geometris sintetik. Hingga pada tahun 1960 ia bereksperimen terhadap bentuk-bentuk abstrak, sampai menginjak tahun 1970 karyanya cenderung beraliran impresionis. Dan karya terakhirnya terinspirasi dari ajaran Zen muncul bentuk simplifikasi.

Hasil karya Srihadi Soedarsono : Doa dalam Penantian, Perahu Jukung, The Warior – The Energy of Love And Peace dan lain-lain.