Pekerjaan yang saya inginkan di masa depan

My Future Job
Teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, Pengertian Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Tujuan dari terciptanya teknologi informasi adalah untuk membantu menyeselesaikan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Dalam hal ini lulusan dari teknologi informasi harus memiliki skill yang baik di bidang teknologi, karena harus dapat menangani masalah-masalah yang kompleks. Menurut saya bidang teknologi informasi ini berada di antara bidang teknik informatika dan sistem informasi. Di teknologi informasi kita tidak perlu memahami sangat rinci seperti yang dilakukan oleh teknologi informatika. Teknologi informasi lebih ke penerapannya. Tapi menurut saya tidak ada salahnya jika bisa tau sampai terperincinya. Karena dunia teknologi sangat berkembang sangat cepat, jika kita tidak dapat mengikutinya maka kita akan tidak dapat bersaing dengan negara lain…
Ada banyak sekali prospek kerja jurusan teknologi informasi diantaranya sebagai programmer, IT support, database administrator, dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Tapi dalam bekerja kita tidak boleh hanya memikirkan tentang gajinya tetapi juga tanggung jawab yang kita miliki. Karena semakin tinggi jabatan maka semakin berat juga tanggung jawabnya.
Dari sekian banyak prospek kerja yang ada, saya lebih tertarik menjadi seorang IT consultant. IT consultant adalah orang yang melakukan sesuatu mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi di dalam sebuah perusahaan. IT consultant bekerja secara partnership dengan client, menganjurkan mereka bagaimana untuk menggunakan teknologi informasi agar memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Konsultan bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi.Konsultan IT dapat terlibat dalam bermacam aktivitas seperti marketting, manajemen proyek, customer relationship management (CMR), dan system development.
Seorang IT consultant harus memiliki sikap yang disiplin, karena tugas yang dilakukan itu berat dan dilakukan secara teamwork. Sifat kepimpinan sangat diperlukan untuk menjadi IT consultant karena nantinya harus berani dan percaya dalam mengambil keputusan. Dan harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada team atau client. Jadi IT consultant ini berfungsi untuk menyeselaikan masalah yang ada di sebuah perusahaan mulai dari yang biasa hingga yang rumit, lalu membuat sistem untuk menyeselesaikannya. Hingga client merasa bahwa sistemnya sudah berjalan dengan baik maka selesai lah tugas seorang IT consultant.
Setelah saya menjadi seorang it consultant, saya juga ingin menjadi seorang pengusaha. Saya mau menciptakan lapangan kerja di indonesia. Karena di indonesia masih sangat kurang lapangan kerja. Saya mau membuat perusahaan yang menampung banyak, yang bukan hanya lulusan dari fakultas ilmu komputer. Menurut saya jika ada sebuah perusahaan yang pemiliknya adalah seorang IT consultant maka mudah untuk mengatur sistem perusahaannya menjadi lebih baik. Tapi pekerjaannya menjadi lebih berat karena sebagai IT consultant dan pemimpin perusahaan. Harapan saya kedepannya agar teknologi di indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Karena orang indonesia ini banyak yang cerdas tetapi di indonesianya saja yang penghargaan kepada orang-orang cerdas itu masih kurang, sehingga banyak yang memilih untuk bekerja di luar Indonesia.
SUMBER :



https://muhammadghazali.wordpress.com/tag/deskripsi-pekerjaan-konsultan-it/