Pedang Pembunuh Naga dan Kisah Dibaliknya

J029

Adalah pedang Gram, yang berdasarkan mitologi Norwegia berhasil membunuh seekor naga bernama Fafnir. Sigurd merupakan seseorang yang berhasil melakukan hal tersebut. Cukup mengesankan ya!

Sebelum menjadi pedang Gram, masih ada kisah historikal di balik itu semua. Menurut mitologi Norwegia, Odin, sebagai Ayah dari Para Dewa, menancapkan sebuah pedang ke pohon Barnstokkr dan mengatakan barang siapa yang menarik pedang ini akan mendapatkan hadiah. Hanya Sigmund, pahlawan dalam mitologi Norwegia, yang berhasil melakukannya.

Di kemudian hari, dalam sebuah pertempuran Sigmund melawan kakek tua yang ternyata adalah Odin. Odin kemudian menghancurkan pedang tersebut menjadi berbagai pecahan dan akhirnya Sigmund-pun terbunuh oleh lawan-lawannya. Menjelang kematiannya, ia memberitahukan istrinya bahwa anaknya akan menciptakan sebuah pedang dari pecahan-pecahan tersebut.

Ramalan tersebut menjadi nyata, anaknya, Sigurd, berhasil menciptakan sebuah pedang dengan gagang, pelindung dari perak yang dihiasi dengan berbagai detail emas 24 karat.