Parker Conrad: mantan CEO Zenefits yang kontroversial

Biografi Parker Conrad

Pekerjaan : Software engineer, former CEO Zenefits
Afiliasi lainnya : Amgen Inc. SigFig.
Kewarganegaraan : Amerika Serikat
Pendidikan : Bachelor of Arts / Science, Harvard University
Forbes List : 22 America’s Richest Entrepreneuers Under 40 (2015)

Riwayat Hidup

Conrad lahir di New York pada tahun 1980. Orang tuanya, Winthrop B. Conrad, Jr., adalah seorang pekerja senior yang sekarang sudah pensiun dari firma hukum New York, Davis Polk & Wardwell dan Ellen Rouse Conrad adalah seorang presiden dan pendiri kelompok lingkungan Bedford 2020 Coalition.

Semasa hidupnya Conrad pernah menempuh pendidikan di The Collegiate School, sebuah sekolah bergengsi di Upper West Side New York. Ia juga menempuh kuliah di Harvard University berkat penelitiannya tentang neurobiologi siput laut yang memenangkan juara ketiga dalam Westinghouse Talent Show (sekarang Intel Talent Search). Conrad sempat gagal dan harus meninggalkan Harvard karena waktunya sebagian besar dihabiskan di The Harvard Crimson, surat kabar Harvard. Ia tetap kembali melanjutkan studinya satu tahun kemudian, lulus pada tahun 2003, dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan bioteknologi Amgen yang berbasis di California Selatan.

Riwayat Karir

Conrad mendirikan startup manajemen portofolio Wikinvest (sekarang bernama Sigfig) bersama dengan Mike Sha. Kerjasama tersebut tidak berlangsung lama hingga akhirnya Conrad keluar dan Mike Sha menjadi CEO tunggal dari SigFig pada tahun 2012. Kemudian Conrad langsung meluncurkan Zenefits. Start-up barunya berfokus pada kebutuhan manajemen Human Resource, khususnya asuransi kesehatan. Pada tahun 2014, Zenefits disebut sebagai startup yang bertumbuh paling cepat pada tahun itu. Pendapatan tahunan meningkat dari US $20 juta pada 2014 menjadi US $100 juta pada tahun 2015 dan memiliki value sebesar US $4.5 miliar. Pada tahun 2015, Zenefits berada dibawah pengawasan karena diduga gagal memenuhi peraturan asuransi kesehatan negara. Pada tanggal 8 Februari 2016, Conrad mengundurkan diri dari Zenefits setelah perusahaan tersebut ditemukan menggunakan broker tidak berlisensi untuk menjual asuransi kesehatan di beberapa negara bagian. COO Zenefits, David Sacks menggantikan posisi Conrad sebagai CEO. Pada Juli 2016, Conrad sedang menegermbangkan sebuah solusi yang memungkinkan IT dan HR untuk mengatur komputer dan smartphone karyawan dengan semua perangkat lunak pekerjaan dan program yang dibutuhkan.

Fakta - Fakta

  1. Conrad mengakui bahwa nilai-nillainya semasa SMA biasa saja.

  2. Penelitiannya yang memenangkan juara ketiga Westinghouse Talent Search juga memberikannya hadiah uang sebesar $20,000

  3. Conrad pernah menderita kanker testis pada usia 24 tahun.

  4. Pada May 2015 Conrad menjadi sensasi internet setelah mencabut lamaran pekerjaan yang diajukan kepada seorang software engineer yang menanyakan tentang haruskah ia menerima lamaran Zenefits atau Uber.

Quotes

What keeps me up at night is our own internal stuff, if somebody’s going to kill Zenefits, it’s going to be Zenefits. We’ve got to keep moving quickly.- Parker Conrad

Referensi

Parker Conrad lahir pada tahun 1980 di NewYork City dari pasangan Winthrop B. Conrad, Jr dan Ellen Rouse Conrad. Conrad pernah menempuh pendidikan di sekolah bergengsi Upper West Side The Collegiate School, dan menghabiskan hampir dua tahun di sekolah menengah atas mempelajari dan meneliti neurobiologi siput laut.

Penelitian yang dilakukan terkait dengan neurobiologi siput laut, tersebut berhasil memenangkan kejuaraan nasional dalam ajang Westinghouse Talent Search. Kejuaraan tersebut membuktikan bahwa Conrad memiliki bakat dalam bidang sains, namun ia mengaku bahwa tidak ada yang spesial dari nilai sekolahnya.

Atas kemenangannya dalam ajang westinghouse Talent Search Conrad berhasil memasuki Harvard university. Semasa kuliah Conrad bergabung dalam kelompok jurnalis kampus the Crimson, ia kemudian ditunjuk sebagai managing editor. Hampir sebagian besar waktunya ia habiskan untuk crimson hingga Conrad harus mengesampingkan kuliahnya selama satu tahun lalu ia gagal lulus dari harvard. Namun, tahun berikutnya ia berhasil kembali dan lulus dengan gelar AB di bidang kimia, Conrad mendapat pekerjaan di perusahaan bioteknologi Amgen.

Merasa tidak cocok dengan lingkungan kerja di Amgen, Conrad memutuskan untuk mengundurkan diri dan mendirikan portfolio-management startup yang diberi nama wikinfest (sekarang sigfig) bersama rekan kerjanya mike sha.

Namun, ditengah perjalanan karirnya Conrad mengalami masalah dengan mike sha. Ketika mike sha menjadi ceo tunggal wikinvest, dia memecat Conrad. Bagi Conrad itu adalah salah satu hal terburuk dan memalukan dalam hidupnya ia dipecat dari startup dan oleh temannya sendiri. Kekecewaan yang dirasakan Conrad membuat ia berpikir untuk mencari jalan lain dan bangkit dari keterpurukan yang ia alami. kemudian muncullah gagasan untuk menciptakan zenefits.

Zenefits merupakan startup yang berfokus pada Human Resource khususnya bidang asuransi kesehatan, ide mendirikan zenefits karena Conrad terinspirasi dari pengesahan president Obama’s Affordable Care Act dan pengalaman pribadinya sebagai penderita kanker. Startup yang diluncurkan pada september 2012 tersebut berkembang dengan cepat dan berhasil dinobatkan sebagai startup dengan pertumbuhan terpesat pada tahun 2014. Parker Conrad juga terdaftar pada urutan ke 20 di Fortune’s 40 Under Forty pada mei 2015.

Dari semua kisah perjuangannya parker Conrad mengatakan ada satu hal yang dia ambli sebagai hikmah yaitu kegagalan merupakan sesuatu yang sangat tidak menyenangkan dalam hidup dan dia tidak ingin mengalaminya kembali.

Sumber :


parker

Biografi Parker Conrad

Lahir : New York, Tahun 1980
Pekerjaan : Mantan CEO Zenefits, Software Engineer
Pendidikan : Bachelor of Arts/Science, Harvard University
Status : Menikah
Tempat Tinggal : San Francisco, California
Kewarganegaraan : Amerika Serikat
On Forbes List : America’s Richest Entrepreneurs Under 40 (2015)

Riwayat

Parker Conrad lahir di New York pada tahun 1980. Dia pernah bersekolah di salah satu sekolah bergengsi yaitu The Collegiate School yang berada di Upper West Side New York. Dia menghabiskan waktu dua tahun disana mempelajari tentang neurobiology dan siput laut. Pada tahun 1998 Parker Conrad mulai belajar di Harvard University, di Harvard ia bergabung dengan surat kabar The Harvard Crimson dan menjabat sebagai Managing Editor. Karena kesibukannya di The Harvard Crimson, Conrad sampai meninggalkan kuliahnya selama satu tahun sehingga ia gagal lulus dari Harvard. Dia mengulang lagi di tahun berikutnya lali dia lulus dan mendapat pekerjaan perusahaan bioteknologi Amgen yang berada di bagian selatan California.

Dia merasa Amgen tidak pernah mengalami kemajuan, sehingga membuatnya mengundukan diri dari perusahaan tersebut. Setelah mengundurkan diri ia membuat sebuah startup bernama Wikinvest (sekarang SigFig) bersama temannya Mike Sha. Namun ia dikhianati oleh Mike Sha yang ingin menjadi CEO tunggal di Wikinvest, dan menyebabkan Conrad dipecat oleh Mike Sha dari Wikinvest.

Setelah dipecat dari Wikinvest, ia mencoba mendirikan startup lagi yang bernama Zenefits, startup ini bergerak di dalam bidang Human Resources khususnya dalam bidang asuransi kesehatan. Ide dan pendorong keberhasilan Zenefits adalah lahirnya aturan asuransi kesehatan dari Presiden Barrack Obama, atau yang lebih dikenal dengan Obamacare. Zenefits resmi diluncurkn pada 18 Februari 2013, lalu pada tahun 2014 Zenefits menjadi startup dengan pertumbuhan paling pesat. Parker Conrad juga menjadi America’s Richest Entrepreneurs Under 40 pada tahun 2015.

Fakta – Fakta Parker Conrad

  1. Conrad memiliki nilai yang biasa-biasa saja sewaktu SMA.
  2. Di diagnosis kanker testis setelah lulus dari kuliah.
  3. Pernah tinggal selama 6 bulan di apartemen keluarganya secara sembunyi-sembunyi karena apartemen tersebut diperuntukan orang tua berumur 65 tahun keatas.

Quotes Parker Conrad

"The only thing I learned is that failure sucks and you never want to do it”.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Parker_Conrad
https://en.wikipedia.org/wiki/Zenefits
https://www.forbes.com/profile/parker-conrad/
https://www.tangandiatas.com/zenefits-startup-dengan-pertumbuhan-paling-cepat-di-silicon-valley/
http://www.businessinsider.com/rocky-life-of-zenefits-founder-parker-conrad-2016-2/?IR=T

Riwayat Hidup

Parker Conrad lahir pada tahun 1980 di New York, Amerika Serikat. Ibu dari Parker Coanrad adalah Ellen Rouse Conrad dan ayahnya adalah Winthrop Conrad.

Semasa hidupnya Parker Conrad mendapatkan beberapa keadaan yang sulit, contohnya adalah ketika di bangku SMA nilai yang didapatkan biasa-biasa saja. Parker Conrad akhirnya melakukan beberapa penelitian selama 2 tahun di neuroscience lab dan akhirnya beliau mendapatkan juara ketiga nasional pada ajang Westinghouse Talent Search, dan dari prestasi ini Parker Conrad dapat menempuh pendidikan di Harvard University di bidang Science atau lebih tepatnya pada bidang Kimia. Beliau sempat meninggalkan Harvard karena terlalu fokus pada The Harcard Crimson dan lupa akan kuliahnya, namun beliau melanjutkan studinya satu tahun kemudian dan akhirnya lulus pada tahun 2003.

Riwayat Karir

Perjalanan karir Parker Conrad berawal ketika beliau mendirikan sebuah startup manajemen portofolio bernama Wikinvest ( yang sekarang bernama Sigfig) bersama rekannya yang bernama Mike Sha. Pada tahun 2012, terjadi sebuah masalah dan akhirnya Parker Conrad dikeluarkan dari perusahaan oleh Mike Sha sendiri.

Satu tahun berlalu setelah Parker Conrad di keluarkan dari Wikinvest, akhirnya beliau memutuskan untuk membuat sebuah startup baru bersama Laks Srini dengan nama Zenefits. Parker Conrad mendapatknan inspirasi ini dari Sigfig, namun terdapat perbedaan yaitu Zenefits ini lebih berfokus pada kebutuhan manajemen Human Resource khususnya pada asuransi kesehatan. Startup ini berkembang secara pesat seiring waktu berlalu, dan karenanya startup ini menjadi startup yang tumbuh paling cepat pada tahun 2014.

Namun pada bulan Juli tahun 2016, Parker Conrad mengundurkan diri dari Zenefits dikarenakan tuduhan pembuatan program komputer untuk penjualan asuransi kesehatan yang tidak berlisensi. Tidak tinggal diam setelah pengunduran dirinya dari Zenefits, pada tahun 2017 Parker Conrad meluncurkan startup yang baru dengan nama Rippling. Riplling sendiri adalah sebuah layanan yang bertujuan untuk menyediakan bisnis dengan cara yang mudah untuk karyawan baru. Dan hingga sekarang Parker Conrad masih mengembangkan startup ini.

**Kemampuan yang dapat dipetik dari Parker Conrad"

  • Sabar dalam menghadapi kegagalan
  • Memiliki Inovasi yang tinggi
  • Keuletan dalam bekerja
  • Memiliki komunikasi yang baik

Fakta-Fakta

  1. Parker Conrad berhasil masuk Harvard University berkat memenangkan juara ketiga Westinghouse Talent Search
  2. The Harvard Crimson adalah sebuah surat kabar mahasiswa Universitas Harvard
  3. Nilai SMA Parker Conrad biasa-biasa saja
  4. Parker Conrad pernah menderita kanker testis ketika usai 24 tahun

Quotes

“There’s nothing easy about building a company at all, i find it really hard, just painful and difficult, and if you are successful, it’s even worse than if you fail. You only really do this if you are driven to build something.” – Parker Conrad

Referensi

Panker Conrad adalah seorang CEO Zenefit salah satu perusahaan startups yang paling cepat perkembangannya di Silicon Valley. Panker Conrad lahir di New York pada tahun 1980. Zenefit adalah sebuah layanan free cloud gratis yang mudah digunakan oleh fungsi-fungsi sumber daya manusia, seperti onboarding, gaji, tunjangan, perjalanan liburan dan lain sebagainya. Layanannya gratis dan Zenefit menghasilkan uang dari memberikan keuntungan. Misalnya, perusahaan dapat menggunakannya untuk membeli asuransi kesehatan.

Mencipakan sesuatu yang sangat mengesankan itu memang tidak mudah dan membutuhkan banyak sekali perjuangan dan usaha dalam mencapainya. Seperti yang pernah dialami oelh Parker Conrad, dahulu dia sempat melakukan Intel Talent Search dimana dia menghabiskan waktunya sekitar 2 tahun untuk melakukan penelitian di laboratorium ilmu saraf dan akhirnya dia mendapatkan juara ketiga di tingkat nasional. Hal tersebut mebantu dirinya untuk bisa masuk ke Harvard dan dia bergabung dengan surat kabar perguruan tinggi bernama The Crimson dan dia ditunjuk sebagai editor.

Namun dia terlalu sering menghabiskan waktunya di Chismon, kira-kira sekitar 70 jam setiap mingggu nya dan dia tidak pernah masuk kelas selama satu tahun. Karena hal tersebutlah dia harus di keluarkan dari Harvard. Setahun kemudian dia kembali melanjutkan studinya kemudian lulus dan mendapatkan pekerjaan bagus diperusahaan berbasis bioteknologi di Southern California. Parker Conrad pernah terkena penyakit kanker testis dan dia berhasil untuk melawan penyakit tersebut.

Karena Conrad merasa bosan dengan lambannya kemajuan di perusahaan tempatnya dia bekerja sebelumnya, dia kemudian mengundurkan diri dan meninggal LA untuk pindah ke San Francisco karena dia memiliki sebuah gagasan untuk memulai sebuah Wiki untuk riset saham.

Tanpa pekerjaan dan uang dia bersama seorang temannya pindah kesebuah panti jompo di Walnut Creek. Karena tidak diizinkan orang yang berusia dibawah 65 tahun tinggal disana, maka mereka menyelinap masuk dan keluar setiap waktunya. Dia tinggal disana selama enam bulan dan itu merupakan enam bulan terburuk yang pernah dialaminya.

Setelah berhasil menciptakan Wikinvest yang kini namanya diubah menjadi Sigfig mereka hanya bisa mempertahankan perusahaan tersebut selama lima sampai enam tahun saja karena tidak mendapatkan keuntungan yang siknifikan. Pada saat itu dia dan teman senegaranya itu adalah seorang co-CEO. Namun, dia di hianati oleh temannya yang mengumpulkan sejumlah uang yang dia gunakan agar dia bisa menjadi CEO tunggal dan mengalahkan Conrad.

Setelah kejadian tersebut dia masih melanjutkan kerjanya selama satu tahun diperusahaan itu untuk menyelesaikan beberapa hal, dan kemudian dia mengundurkan diri dan membuka Zenefit degan sedikt uang yang dia miliki.

Ide terciptanya Zenefits sebenarnya berasal dari Sigfig dan pengalaman pribadi dirinya yang pernah terkena kanker dan dia ingin mencari solusi bagaimana cara memperudah untuk membuat asuransi kesehtan. Kemudian dia menciptakan sebuah perangkat lunak yang bisa membantu sebuah perusaan untuk membuat asuransi secara gratis dan mudah. Dengan terbentuknya Zenefit pada 2013 perkembangan bisnis ini sangat cepat dan pesat. Hanya sekitar delapan setelah terbentuknya, Zenefit telah menghasilkan pendapatan sebesar 1 juta dolar. Dan semakin bertambah setelah beberapa bulan kemudian. Dari yang awalnya hanya punya 15 orang karyawan pada tahun 2014 menjadi lebih dari 420 keryawan.

Tapi di musim panas tahun 2015, terjadi perkelahian yang banyak dipublikasikan dengan raksasa perangkat lunak HR ADP, mantan rekan Zenefits, di mana masing-masing pihak menuduh yang lain berbohong dan menyesatkan pelanggan. Pertarungan tersebut menyebabkan ADP menuntut Zenefits, namun tuntutan tersebut akhirnya dijatuhkan. Sementara itu, ADP juga bekerja pada pesaing Zenefits, dan pesaing lainnya juga datang.

Untuk sementata Zenefit dilarang di beberapa negara. Dan akhirnya Zenefits gagal mencapai target pendapatan. Valuasi perusahaan ini juga ikut anjlok sebesar 48%. Ternyata, di bawah kepemimpinan Parker, sebanyak 80% penjualan asuransi kesehatan di Washington dilakukan oleh broker tak berlisensi. Puncaknya pada Februari lalu, karyawan perusahaan ini menemukan bahwa Parker menipu secara sistem perihal asuransi kesehatan. Akhirnya, Parker harus keluar dari perusahaan.

Sumber