Pantai mana saja yang memiliki ombak tertinggi di Indonesia?

pantai di Indonesia
Dimana sajakah pantai yang memiliki ombak yang ekstrim di Indonesia ?

  1. Pantai Plengkung, Banyuwangi
    Terletak sekitar 20 kilometer dari Desa Grajagan, Banyuwangi; Pantai Plengkung dikenal di kalangan surfer sebagai G-Land. Pantai ini memiliki ombak setinggi enam hingga delapan meter dengan panjang hingga dua kilometer.

Kalau kita bercita-cita untuk ke Hawaii, cobalah untuk menaklukkan ombak di pantai ini terlebih dahulu. Pasalnya, ombak pantai ini disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Pantai Plengkung juga pernah menjadi tempat untuk lomba surfing tingkat Internasional “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Beberapa negara seperti Australia, Prancis, Inggris, Amerika, Selandia Baru, dan Indonesia pun mengirimkan pesertanya untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung.

  1. Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali
    Tidak bisa dipungkiri kalau Bali masih menjadi destinasi favorit para penyuka olahraga air. Ada dua tempat yang diincar para peselancar dunia; yaitu Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Biasanya, surfer yang datang ke dua tempat ini akan mencari spot tersendiri agar bisa menikmati ombak laut tanpa gangguan orang lain. Suasana Bali yang juga ramah wisatawan membuat dua tempat ini jadi favorit para peselancar dunia.

  2. Pantai Uluwatu, Bali
    Satu lagi tempat berselancar seru dan menantang di Bali. Pantai Uluwatu memiliki ketinggian ombak mencapai lima hingga delapan meter. Ombak di Pantai Uluwatu dikenal dengan gelombang pendek dan kuat yang saling bersusulan. Ombak seperti ini sangat cocok untuk peselancar profesional. Tidak heran kalau Pantai Uluwatu menempati peringkat ke-3 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel.

Gelombang ombaknya yang menggulung sempurna hingga ketinggian 2-15 kaki, membuat Pulau Nias jadi destinasi para peselancar dunia. Terdapat dua tempat yang menjadi incaran surfer dunia; The Point dan Indicator.

  1. Pulau Nias, Sumatera Utara
    Gelombang ombaknya yang menggulung sempurna hingga ketinggian 2-15 kaki, membuat Pulau Nias jadi destinasi para surfer dunia. Terdapat dua spot yang menjadi incaran surfer dunia; The Point dan Indicator. Pulau Nias, Sumatera Utara

  2. Pantai Mentawai, Sumatera Barat
    Kalau kita ingin tempat surfing dengan berbagai level berbeda, Kepulauan Mentawai adalah spot berselancar yang cocok. Kepulauan yang terletak di lepas pantai Padang, Propinsi Sumatera Barat ini memiliki 400 tempat berselancar dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Sekitar 40-an titik surfing merupakan favorit para peselancar asing, salah satunya di Pulau Sipora. Pulau yang sempat terkena tsunami di tahun 2010 lalu ini masuk dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel. Serunya, kecintaan para peselancar dunia dan lokal terhadap Pulau Sipora, membuatnya bangkit menjadi lokasi yang nyaman untuk surfer. Mereka bekerjasama dalam membantu pemulihan kondisi pulau tersebut.