Pada usia berapa sebaiknya anak dikenalkan dengan musik?

Saya ingin suatu saat nanti anak saya dapat memainkan sebuah alat musik untuk dapat mengasah kreatifitasnya dan sebagai media hiburannya. Kira-kira pada usia berapa sebaiknya saya mulai mengenalkan dia dengan musik?

“Apakah anak saya siap untuk mempelajari instrumen?”
“Sebenarnya umur berapakah anak bisa mulai bermain instrumen?”
Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang umumnya sering diajukan oleh setiap orang tua, ketika mereka ingin memasukkan anak mereka ke lembaga formal/kursus musik.

CHILD-LED
Semuanya tergantung dari sang anak
Tidak ada umur yang pasti yang bisa ditentukan, apakah anak Anda siap untuk mempelajari instrumen. Semuanya tergantung dari perkembangan, minat, dan bakat sang anak.

Mempelajari instrumen ‘terlalu dini’ (*anak belum siap) dikhawatirkan akan membuat anak putus/berhenti untuk bermain instrumen di tengah jalan, karena mereka memulai pelajaran formal terlalu awal pada usia dua dan tiga tahun. Umumnya anak akan mengalami kesulitan untuk menangkap materi yang diberikan, karena materi terlalu sulit dimengerti bagi anak usia dini.

Mulailah pelajaran bermusik untuknya lebih awal hanya jika Anda mempunyai waktu dan energi untuk berlatih bersamanya setiap hari, dan pengamatan yang jelas untuk menghentikan kegiatan bila motivasinya menurun. Belajar membaca adalah pekerjaan yang berat; demikian pula belajar untuk memainkan alat musik. Melakukan keduanya sekaligus tidak menyisakan banyak waktu untuk bersenang-senang, relaksasi, atau menguasai ketrampilan sosial.

Hmm seperti itu, jadi baiknya anak dikenalkan secara perlahan saja dengan membiarkan ia mendengarkan musik-musik. Jika ia mulai tertarik, baru kenalkan dengan instrumennya dengan bimbingan dan pendampingan. Terimakasih atas jawabannya

menurut saya untuk memperkenalkan musik mulai dari dalam kandungan ibunya, dengan cara mendengarkan lagu-lagu yang baik pada cabang bayi, ketika anak sudah memperlihatkan bakat musiknya mulai balita maka orang tua bisa memberikan ilmu lebih tentang musik.