Pada usia berapa anak boleh memakai Kawat Gigi ?

kawat_gigi

(Hana Attaumi) #1

Cemas melihat susunan gigi anak Anda tidak teratur? Jangan buru-buru pasang kawat gigi. Ketahui usia ideal anak boleh jalani perawatan ini.


(Ayana Nataniya) #2

Tidak semua orang beruntung memiliki susunan gigi yang rapi. Sebagai orang tua, pasti ada rasa cemas ketika menyadari deretan gigi anak Anda tidak teratur. Entah itu gigi berjejal, posisi gigi maju, miring, atau tumpang tindih—rasanya Anda ingin buru-buru membawa sang anak ke dokter gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang tak rapi tersebut dengan pemakaian kawat gigi.

Perkembangan rahang dan pergantian gigi susu ke gigi dewasa terjadi mulai umur 6 tahun, dan usia ideal anak untuk melakukan evaluasi perawatan ortodonti adalah 8-10 tahun. Hal ini karena di usia tersebut, dokter gigi dapat memprediksi perkembangan rahang dan susunan gigi anak. Jika ditemukan keadaan yang mana susunan gigi dan perkembangan rahang benar-benar tidak baik, pada usia inilah dokter gigi dapat melakukan pendekatan pemasangan kawat gigi untuk memodifikasi pertumbuhan rahang, sekaligus mengatur posisi gigi. Pada kasus yang ringan, umumnya pemasangan kawat pada anak-anak dilakukan ketika mereka berusia 13-15 tahun, saat secara keseluruhan gigi mereka sudah berupa gigi tetap.

Pemasangan kawat gigi anak merupakan perawatan ortodonti, yaitu usaha fisiologi untuk memodifikasi dan membantu pertumbuhan rahang dan gigi ke arah ideal. Karena itu, sebelum mendapatkan perawatan ini, dokter akan melakukan analisis radiografi dan pencetakan terhadap kondisi mulut anak sebelum dilakukan perawatan ortodonti tahap selanjutnya.

Untuk mendapatkan perawatan secara tepat, sebaiknya orang tua membawa anak ke dokter gigi spesialis yang memiliki pemahaman lebih mendalam. Anda juga perlu mempersiapkan mental anak selama memakai kawat gigi, dan melihat kesiapan anak dalam menegakkan disiplin dalam menjaga kebersihan mulutnya. Perlu Anda ketahui, perawatan ortodontik yang tidak dibarengi dengan kebersihan mulut dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan karies gigi.


(Arvind Zahair Akalanka) #3

Menurut drg. Callista Argentina, yang ditulis di liputan6.com, pada umumnya, pemakaian kawat gigi yang paling dianjurkan adalah ketika seorang anak mulai menginjak usia 13-18 tahun. Karena pada usia tersebut, arah pertumbuhan gigi yang tidak teratur sudah bisa dideteksi. Di samping itu, pada usia ini perkembangan tulang rahang dan wajah juga masih berlangsung, sehingga penggunaan kawat gigi akan memberikan efek yang sangat berarti.

Sedangkan, jika sudah menginjak usia 18-40 tahun, penggunaan kawat gigi tak mampu mengubah struktur tulang rahang. Karenanya, mereka yang menggunakan kawat gigi di rentang usia tersebut biasanya hanya memiliki maksud memperbaiki susunan gigi di rongga mulut.