Pada Saat Kapan Biasanya Seseorang Pertama Kali Didiagnosis Terkena Diabetes?

image
Diabetes telah menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia, La;u Pada Saat Kapan Biasanya Seseorang Pertama Kali Didiagnosis Terkena Diabetes?

Berkat semakin meluasnya pola makan tidak sehat dan gaya hidup serba mager alias sedentar, rata-rata usia terkena diabetes kini bergeser semakin muda. Padahal, diabetes biasanya didiagnosis pada orang dewasa berusia 40 dan lebih tua. Diabetes berkembang cepat di sekitar usia 45 sampai 64 tahun, dan semakin meningkat pesat lagi pada orang dewasa berusia 65 dan lebih tua.

WHO melaporkan bahwa jumlah kasus diabetes secara global di kalangan ABG sekitar usia 18 tahun telah meningkat dari 4,7% pada tahun 1980 menjadi 8,5% pada tahun 2014. Menurut American Diabetes Association, sekitar 5 ribu orang di bawah usia 20 tahun mendapat diagnosis diabetes tipe 2 setiap tahunnya. Setidaknya 352 juta orang usia muda berisiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam “Diabetes Care” memperhitungkan potensi jumlah kasus diabetes di masa depan pada orang di bawah usia 20 tahun. Studi ini menemukan bahwa pada saat ini jumlah orang di bawah usia 20 tahun dengan diabetes tipe 2 akan meningkat hingga 49 persen pada tahun 2050. Jika tingkat insiden ini terus bertambah, jumlah kasus diabetes tipe 2 pada anak-anak muda bisa meningkat hingga empat kali lipat.

Meski diabetes merupakan salah satu penyakit paling umum di dunia, gula darah tinggi bisa ditunda, bahkan dicegah sepenuhnya. Cara terbaik meliputi:

  • Olahraga teratur
  • Mengikuti diet rendah kalori dan rendah lemak
  • Mengurangi asupan makanan olahan dan karbohidrat kosong

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal New England menemukan bahwa menurunkan 5-7 persen saja dari berat badan bisa memperlambat perkembangan diabetes tipe 2. Beberapa orang yang berisiko juga dapat menunda timbulnya diabetes dengan mengonsumsi obat diabetes.

Penting untuk mendiskusikan semua pilihan pengobatan Anda dengan dokter untuk hasil yang terbaik. Mendapatkan diagnosis diabetes secepat mungkin juga dapat membantu mencegah komplikasi terkait dan meningkatkan kualitas hidup Anda meski terkena diabetes.

Sumber : hellosehat.com