'Orang Pendek', apakah makhluk tersebut benar adanya?

Makhluk-makhluk yang bentuk tubuhnya serupa manusia beberapa waktu lalu sempat dikabarkan berkeliaran di balik pepohonan hutan Indonesia. Orang-orang zaman dahulu mengaku telah menyaksikan famili manusia yang berjalan tegak di atas kedua kakinya, tapi bukan seperti manusia pada umumnya. Kehebohan video yang memuat gambaran sesosok kecil yang berlari kencang seperti seorang manusia di Aceh seakan menimbulkan tanda tanya besar. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai makhluk ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Manusia kecil yang berada di video itu diduga kuat adalah manusia yang berasal dari Suku Mante, golongan manusia yang misterius namun eksis di Aceh. Kesaksian menyebutkan Suku Mante memang sama saja dengan manusia pada umumnya, hanya ukurannya lebih kecil.

Sosok ‘orang pendek’ atau ‘uhang pandak’ dari Bengkulu dan Sumatera Selatan menjadi bahasan sejak zaman kolonial Belanda dulu. Orang pendek disebut dengan bahasa lokal yang berbeda satu sama lain di sepanjang Sumatera. Penuturan orang pendek dari penduduk Sumatera umumnya dibumbui dengan hal-hal berbau fantasi, misalnya punya kaki terbalik. Namun penuturan dari orang Barat biasanya dihubung-hubungkan dengan pandangan populer soal evolusi, bahwa orang pendek adalah ‘missing link’ dari proses evolusi, yakni perubahan dari kera ke manusia moderen.

Referensi: https://news.detik.com