Oprah Winfrey: Ratu talk Show Amerika Serikat

sumber: http://hookedoneverything.com/oprah/

Biografi, Oprah Winfrey

Nama
Oprah Gail Winfrey

Tempat dan Tanggal Lahir
Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat, 29 Januari 1954

Pekerjaan
Selebriti, Sutradara dan Pengusaha

Affilasi
Harpo Productions

Pendidikan

Total Kekayaan
3.1 billion USD

Peringkat Forbes
2nd on List of America Richest Women

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Riwayat Hidup
Oprah Winfrey lahir pada tanggal 29 Januari 1954 di Kosciusko, Mississippi, ia dibesarkan di sebuah perternakan oleh neneknya yang keras, Hattie Mae, selama enam tahun. Oprah mulai berbicara di gereja neneknya ketika baru berusia tiga tahun. Ia memiliki bakat alami untuk tampil di depan umum dan menjadi sangat populer dalam perkumpulannya.

Ketika berusia enam tahun, ibunya, Vernita, mendapatkan pekerjaan sebagai pembantu di Milwaukee, Wisconsin dan akhirnya mengambil Oprah kembali dari neneknya. Di Milwaukee, sama seperti di peternakan, Oprah masih sangat miskin, ia harus tinggal dalam satu kamar bersama ibu dan dua saudara tiri, laki – laki dan perempuan. Setiap hari Vernita meninggalkan anak-anak itu pagi-pagi sekali dan baru pulang pada malam hari, sehingga ia tidak punya waktu untuk keluarganya.

Oprah sering mencari perhatian kepada Ibunya, Oprah sering kabur dari rumah. Pada usianya yang ke-9, ia mengalami pelecehan seksual oleh sepupunya yang berusia 19 tahun yang sedang bertugas menjaganya. Oprah yakin itu kesalahannya dan tidak menceritakan apa yang ia alami kepada siapapun.

Tanpa bimbingan dari seorang pun, prilaku Oprah semakin tidak terkendali. Menginjak usia 14 tahun, Oprah hamil dan bayinya meninggal tidak lama setelah dilahirkan. Ketika Oprah melarikan diri selama satu minggu, ibunya memutuskan bahwa ia tidak bisa lagi mengurus Oprah. Saat itulah ibunya mengirim Oprah untuk hidup bersama ayahnya di Nashville.

Oprah yang benar–benar takut dengan ayahnya orang yang paling disiplin yang ia kenal,. Pada umur 14 tahun, Oprah tinggal bersama ayahnya, Vernon Winfrey dan ibu tirinya, Zelma, yang merupakan anggota terhormat masyarakat Tennessee.

Profesi ayahnya adalah tukang cukur, pemilik toko, anggota dewan kota, dan pejabat gereja. Ayah Oprah tidak bisa mentoleransi sikap negatif Oprah atau nilai sekolahnya yang buruk. Oprah memperoleh nilai – nilai C di Milwaukee, tetapi hanya nilai A yang bisa diterima oleh ayahnya.

Disamping pekerjaan rumahnya dari sekolah, setiap minggu Vernon dan Zelma mewajibkan Oprah untuk menulis laporan buku dan menanyakan kepadanya kosakata baru. Awalnya, Oprah benci pada aturan tegas dan tinggi mereka. Tapi, ternyata justru itulah yang ia perlukan, orangtua yang membuat peraturan dan menerapkannya dengan tegas, tapi juga memberikan cinta dan perhatian yang diinginkannya. Oprah pun bangkit.

Tidak saja nilai sekolahnya yang meroket, Oprah juga jadi lebih ramah dan populer daripada sebelumnya. Di SMA, ia terpilih untuk mewakili sekolahnya pada suatu konfrensi pemuda di Gedung Putih, dan memenangkan beasiswa sebesar $1,000 atas pidato yang ia tulis, “Orang Negro, Konstitusi, dan Amerika Serikat”. Ayahnya begitu mendukung Oprah untuk bermimpi besar, dan ia melakukannya

Riwayat Karir
Tahun 1971, Pada usia 17 tahun, Oprah memperoleh pekerjaan pertamanya di dunia pertunjukan sebagai penyiar berita di stasiun radio lokal. Mereka bahkan membayarnya $100 per minggu, yang terhitung besar buat siswa sekolah menengah pada tahun 1970-an.

Tahun 1973, Pada usianya yang ke-19, ia ditemukan oleh sebuah stasiun televisi di Nashille untuk dipekerjakan sebagi wartawan dan penyiar berita.

Tahun 1976, Oprah menjadi pembawa acara TV di Baltimore dan kemudian dipromosikan sebagai pendamping pemandu acara bincang-bincang (talk show) yang b pagiernama People Are Talking (. Format talk show tersebut sempurna untuk Oprah, penonton menyukai lelucon, kejujuran, dan kepribadian yang membumi dan peringkat acara ini membubung tinggi.

Tahun 1984, Oprah diminta menjadi pemandu acaranya sendiri disebuah Chicago. Acara A. M. Chicago mengudara pada waktu yang sama dengan acara Phill Donahue Show yang populer. Phill adalah raja TV siang hari, tetapi tidak butuh waktu lama baginya untuk menurunkan Phill dan takhtanya. Dalam waktu singkat dia menjadi bintang di 120 kota besar di seluruh Amerika.

Tahun 2000,Oprah menerbitkan Oprah Magazine, sebuah majalah bulanan yang menjadi gaya hidup wanita-wanita saat itu. Majalah tersebut menjadi majalah yang sukses dalam sejarah penerbitan dengan sirkulasi 2,3 juta pembaca setiap bulannya

Fakta Fakta

  1. Pada bulan Juni 2005, Oprah yang berada di Paris, Perancis dilarang masuk ke salah satu toko Hermès oleh salah satu karyawan toko tersebut karena mereka sedang mengalami masalah dengan orang-orang dari Afrika Utara

  2. Oprah Pernah menghabiskan 30 Hari bersama Keluarga Muslim untuk merasakan rasanya diskriminasi muslim di Amerika

  3. Keluarga Oprah di masa kecil sangat miskin bahkan ia pernah memakai pakain dari karung kentang

  4. Oprah pernah melahirkan di usia 14 tahun akan tetapi bayinya meninggal saat itu

Quotes
The more you praise and celebrate your life, The more there is in life to celebrate” -Oprah Winfrey
“Think like a Queen. A queen is not afraid fail. Failure is another sleepingstone to greatness” -Oprah Winfey
“Be thankful for what you have; you’ll end up having more. If you concentrate on what you don’t have, you will never, ever have enough” - Oprah Winfrey

Referensi


Oprah.com


.


Oprah Winfrey

Sumber Gambar: https://www.gsb.stanford.edu/sites/gsb/files/styles/1630x_variable/public/resources/photo-insight-quotable-winfrey-oprah.jpg?itok=fhJ0tQ-E


:pencil2: Quote

“Berpikirlah seperti ratu. Seorang ratu tidak takut gagal. Kegagalan adalah batu loncatan lain untuk kebaikan”.


:pencil2: Kegagalan

  1. Oprah mendapat tuduhan setelah bertemu dengan Jerry Turner yang tidak pernah ingin bertemu dengan seorang co-anchor, hal itu gagal mencapai ekspetasi masyarakat umum karena kepribadian Oprah yang bertolak belakang degan Jerry Turner. Acara tersebut tidak sukses dan oleh karena itu Oprah menerima cacian-cacian setelahnya dan diturunkan setelah hanya dalam beberapa bulan dan dikirimkan dari anchor chair ke sebuah golongan yang pekerjaannya kurang bergengsi termasuk menulis dan street reporting.
  2. Oprah adalah seorang penulis yang lambat dan selalu dibentak untuk memproduksi kopiannya salinannya lebih cepat. Dia juga tidak begitu lebih baik dalam melakukan street reporting. Oprah dihukum karena tindakannya saat membawakan sebuah keluarga beberapa selimut, disebabkan hal itu menyalahi aturan untuk terlibat dalam cerita-cerita dan jika dia melakukannya lagi, dia akan dipecat.

:pencil2: Kesuksesan

  1. Managemen stasiun TV WJZ-TV di Baltimore menambahkan Oprah ke dalam line-up acara sebagai cara untuk menarik hubungan penonton yang lebih luas, dan mereka secara agresif memasarkan ketibaan Oprah untuk beberapa minggu sebelum dia mulai bekerja.
  2. Oprah menjadi co-host pada sebuah acara talk show baru bernama People are Talking with Richard Sher. Meskipun acara tersebut tidak masuk akal, dikarenakan berita yang berlabuh dan kerugian yang besar yang mengelabui ego orang-orang. Tetapi tidak seperti kebanyakan orang-orang yang terinci dan terkendali oleh berita, tidak ada satupun yang mengelabui Oprah. Untuk pertama kalinya, Oprah menunjukkan bagaimana dia bisa terlibat dengan penonton. Acara People are Talking kemudian berlanjut selama 5 tahun pada Baltimore TV lokal.
  3. Oprah direkrut untuk menjadi host pada acara morning talk show lain di Chicago. Acara tersebut menjadi semakin populer dibandingkan dengan presiden pada masa itu, Phil Donahue, dan mendapat sindikasi nasional dalam 2 tahun. Selama 25 tahun pemerintahan, The Oprah Winfrey Show memecahkan rekor setelah rekaman televisi dan melemparkan Oprah dari ketidakjelasaan pada satu dari orang-orang yang paling berpengaruh dan terkaya di Amerika.
  4. Oprah telah membangun sebuah kerajaan media, mempunyai O Magazine yang telah dibuat, Oxygen media, HARPO production dan HARPO film yang merupakan bisnis tersukses di Amerika.

:pencil2: Keahlian
Berbisnis, membawakan acara televisi, berbicara di depan umum, leadership yang bagus

:pencil2: Bagaimana Cara Melatihnya
Terus mencoba untuk menjadi pembawa acara televisi


:pencil2: Sumber

https://www.linkedin.com/pulse/20141205173028-461078-oprah-winfrey-a-profile-in-failure
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/o/oprah_winfrey.html

Kisah Perjuangan Oprah Gail Winfrey dari Masa Kecil

Oprah Gail Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat, 29 Januari 1954. Kisah pahit Oprah dimulai dari ia kecil. Kedua orang tuanya bercerai, ia harus tinggal bersama neneknya yang cukup keras, Hattie Mae, di sebuah peternakan selama enam tahun. Ayahnya sendiri merupakan mantan serdadu yang kemudian beralih menjadi tukan cukur, sedangkan ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Tinggal di peternakan bersama neneknya bukanlah kehidupan yang bisa dibilang berkecukupan, bahkan bisa dibilang sangat miskin. Kemudian, Oprah tinggal bersama ibunya, Vernita, di Wisconsin. Namun, kemiskinan masih saja memenuhi hidup Oprah. Ibunya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga tidak dapat memberikan perhatian yang cukup kepada Oprah dan kedua saudara tirinya.

Pada usianya yang masih tergolong anak-anak, yakni 9 tahun, ia mengalami pelecehan seksual. Ia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya bersama teman-temannya selama berulang kali. Hingga akhirnya, pada saat Oprah menginjak usia 14 tahun, ia mengandung seorang bayi. Namun sayang, bayinya tidak bertahan lama setelah dilahirkan dan meninggal saat berumur 2 minggu. Segala kepedihan yang dialami Oprah tidak membuatnya terpuruk begitu saja. Akhirnya, ia memutuskan untuk tinggal bersama ayahnya, Vernon Winfrey, dan ibu tirinya, Zelma, yang pada saat itu telah menjadi anggota terhormat masyarakat Tennessee.

Sosok ayah yang menjunjung tinggi kedisiplinan mengakibatkan tindakan tegas terhadap Oprah dan tidak bersedia menerima nilai sekolah Oprah selain nilai A dan dibalik semua itu ayahnya juga memberikan cinta dan perhatian yang diinginkannya. Perlahan-lahan, ia pun mulai bangkit dan menemukan kepercayaan dirinya kembali… membuatnya tumbuh menjadi seorang remaja memiliki perilaku yang cukup negatif dengan nilai-nilai sekolah yang tidak cukup baik. Ia menjadi siswi teladan dan berprestasi saat duduk di bangku SMA dan menjadi remaja yang populer ditengah teman temannya. Kecerdasannya ini menghantarkannya ke Gedung Putih dan dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke bangku kuliah. Tidak hanya cerdas, Oprah juga memiliki kecantikan yang membuatnya menjadi salah satu pemenang di sebuah kontes kecantikan.

Oprah memulai karirnya sebagai seorang penyiar berita di sebuah stasiun radio lokal pada usia 17 tahun, Bahkan ia memperoleh bayaran yang cukup besar pada zaman itu tiap minggunya. Pada usianya yang ke-19, ia ditemukan oleh sebuah stasiun televisi di Nashville untuk dipekerjakan sebagi wartawan dan penyiar berita. Ia adalah wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV lokal tersebut. Oprah memulai debut talkshow TVnya dalam acara People Are Talking. Pada 1984 dia diminta menjadi pemandu acaranya sendiri disebuah Chicago. Acara A. M. Chicago mengudara pada waktu yang sama dengan acara Phill Donahue Show yang populer. Tetapi tidak butuh waktu lama bagi Oprah untuk menurunkan Phill dan takhtanya. Dalam waktu singkat dia menjadi bintang di kota-kota besar di seluruh Amerika.

The Oprah Winfrey Show membuat debut nasional pertamanya pada tahun 1986, dan meraih sukses dengan cepat dengan menjadi pertunjukan yang paling populer di televisi, menjadikannya wanita kulit hitam yang bangkit dari kemiskinan dan menjadi bintang dengan bayaran tertinggi. idak hanya sampai di situ, pada bulan April tahun 2000, Oprah dan Majalah Hearts memperkenalkan O, The Oprah Magazine. Majalah tersebut menjadi majalah yang sukses dalam sejarah penerbitan dengan sirkulasi 2,3 juta pembaca setiap bulannya. Pada masa kanak-kanaknya, Oprah kecil mempunyai mimpi untuk dapat menjadi seorang bintang film. Hal ini pun telah terwujud sekarang dengan berakting dalam drama milik beberapa penulis brilian, melalui perusahaan filmnya, Harpo Productions, antara lain The Color Purple (1985), Native Son, The Women of Brewster Place (1989), Before Women Had Wings(1997), dan Beloved(1998).

Di balik segala kesusesan yang berhasil diraihnya tersebut, tidak menjadikan Oprah menjelma menjadi seorang miliarder yang hanya memikirkan dirinya sendiri. Oprah bahkan mendirikan yayasan untuk membantu sesama kita yang kurang beruntung, yakni The Angel Network (http://www.oprah.com/angel_network.html).

Sebuah kerja keras pastinya akan menuai hasilnya dikemudian hari. Segala kesuksesannya itu membuat Oprah berhasil meraih berbagai macam penghargaan, antara lain :

Tahun 2006
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia.
Library Lion 2006 dari Perpustakaan Publik New York (The New York Public Library).

Tahun 2005
2005 National Freedom Award dari Musium Hak-hak Sipil Nasional (National Civil Rights Museum)
National Association for the Advancement of Colored People — Hall of Fame
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia.
2005 International Emmy Founders Award dari International Academy of Television Arts & Sciences.

Tahun 2004
Penghargaan Global Aksi-aksi Kemanusiaan (Global Humanitarian Action Award ) dari Asosiasi PBB Amerika (United Nations Association of the United States of America)
Penghargaan atas Jasa Terhormat (Distinguished Service Award) dari Asosiasi Penyiaran Nasional (National Association of Broadcasters)
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia.

Tahun 2003
Association of American Publishers – AAP Honors Award

Tahun 2002
54th Annual Primetime Emmy Awards® – Bob Hope Humanitarian Award
Broadcasting & Cable – Hall of Fame

Tahun 1999
National Book Foundation – 50th Anniversary Gold Medal

Tahun 1998
National Academy of Television Arts & Sciences® – Lifetime Achievement Award
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di abad ke 20th.

Tahun 1997
Newsweek – Most Important Person in Books and Media
TV Guide – Television Performer of the Year

Tahun 1996
International Radio & Television Society Foundation – Gold Medal Award
George Foster Peabody Awards – 1995

Skill yang Terus Diasah
Berbisnis, membawakan acara televisi, dan berbicara di depan umum. kunci Oprah ialah terus melatih skill berbicaranya, pantang menyerah untuk berjuang untuk mencapai cita citanya.

Quotes
Be thankful for what you have; you’ll end up having more. If you concentrate on what you don’t have, you will never, ever have enough. Oprah Winfrey