Operasi Gunnerside: operasi sabotase oleh pasukan Norwegia

image

Operasi Gunnerside merupakan sebuah operasi rahasia yang membabi buta yang dilakukan oleh pasukan rahasia Norwegia. Mereka melakukan sabotase besar-besaran terhadap semua fasilitas dan juga teknologi milik Jerman yang ada di negerinya. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai operasi ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Operasi Gunnerside merupakan sebuah operasi membabi buta yang dilakukan oleh pasukan rahasia Norwegia. Mereka melakukan sabotase besar-besaran terhadap semua fasilitas Jerman yang ada di negerinya. Dengan cara, mereka menyusup ke sebuah bangunan yang digunakan oleh Jerman untuk mengembangkan senjata nuklir terbarunya dan merusaknya.

Pihak sekutu memberikan dukungan penuh kepada para pejuang Norwegia untuk bertindak. Mereka memberikan pelatihan bertempur hingga akhirnya bisa masuk ke sarang dari ilmuwan Jerman itu. Di sana mereka memasang banyak sekali bom di titik vital lalu meledakkannya secara bersamaan. Akibatnya, lokasi pengembangan nuklir ini rusak parah dan membuat Jerman menjadi kelabakan.

Referensi: boombastis.com