Obat Paracetamol Bisa Dijadikan Anti Korosi , Bagaimana Prinsip Kerjanya?

Obat Paracetamol Bisa Dijadikan Anti Korosi , Bagaimana Prinsip Kerjanya?
image
Korosi merupakan salah satu permasalahan terbesar yang terjadi di dunia industry minyak dan gas,terutama di peralatan dan perpipaan. Korosi tidak dapat dihindari atau dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menambahkan senyawa proteksi korosi.

Inhibitor korosi disebut sebagai suatu zat yang apabila ditambahkan dalam jumlah sedikit ke dalam lingkungan akan menurunkan serangan korosi terhadap struktur baja.Salah satu alternative adalah dengan obat paracetamol.

Paracetamol biasanya dipakai untukn mengobati nyeri kepala. Selain itu ternyata ditemukan manfaat lain dari obat paracetamol yaitu dapat digunakan sebagai inhibitor. Alasan paracetamol dapat dijadikan sebagai inhibitor adalah karena paracetamol terdapat senyawa acetaminophen yang merupakan salah satu jenis dari antioksidan grup fenolik. Antioksidan merupakan senyawa pemberi electron memiliki berat molekul kecil , tetapi mampu menghambat berkembangnya reaksi oksidasi dengan mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif , sehingga kerusakan sel terhambat.

Prinsip kerja paracetamol sebagai inhibitor yaitu senyawa fenolik pada obat paracetamol bertindak sebagai antioksidan primer dengan menyumbangkan atom hidrogen baik sebagai radikal alkoksil/ radikal bebas peroksil dalam raksi yang reversible .sehingga reaksi oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas mampu dihambat oleh antioksidan.

Sumber:
Anastacia,Reigina Z.2015.Pengaruh Kecepatan Aliran Dan Konsentrasi Inhibitor Obat Paracetamol Terhadap Proteksi Korosi Baja Karbon API 5L Grade B Pada Lingkungan Asam Ph 5 .Surabaya:ITS