Normalkah bayi baru lahir sudah tumbuh gigi?

Gigi pada bayi umumnya akan tumbuh saat menginjak usia 6 sampai 13 bulan. Tapi ternyata pada beberapa kasus kelahiran tepatnya diantara 2000 kelahiran bayi akan ada 1 kelahiran di mana gigi pada bayi tumbuh. Nah pada kasus kelahiran seperti ini apakah normal atau tidak? Apakah berbahaya kelahiran yang seperti ini?

Bayi yang lahir dengan munculnya gigi susu memang sangat jarang terjadi. Tapi walau jarang terjadi bukan berarti kasus kelahiran seperti ini tidak bisa muncul. Sebab kelahiran bayi tersebut bisa muncul satu kali dalam 2000 kelahiran. Kelahiran bayi dengan gigi susu ini sendiri menurut pakarnya merupakan sebuah kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi. Kelainan ini sendiri bisa terjadi pada gigi atas dan gigi bawah. Namun meski jarang terjadi kelainan ini ternyata bukanlah sesuatu yang membahayakan karena gigi susu tadi pada waktunya akan tanggal dengan sendirinya.

Kasus kelahiran bayi yang demikian ini disebut dalam dunia kedokteran atau medis dengan istilah natal teeth. Natal teeth biasanya akan terjadi di bagian gusi bawah di mana kemudian akan muncul gigi insisvus sentral. Penyebab terjadinya natal teeth ini sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti pengaruh medis yang merupakan faktor penyebab terbesar.