Nilai Kehidupan dalam Drama Wise Prison Life , menurut kalian apa?

Wise Prison Life

Wise Prison Life adalah sebuah drama korea yang memiliki alur cerita yang tak biasa. Drama ini tayang di channel tvN pada akhir tahun 2017. Drama ini mengisahkan tentang kehidupan para tahanan di dalam penjara. Drama ini sangat recommended untuk di tonton karena selain seru dan menghibur juga terdapat banyak nilai kehidupan yang dapat diambil dari drama ini.

  1. Mengubah pandangan buruk terhadap kehidupan penjara. Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata penjara? Pasti sebagian dari kalian akan berpikiran bahwa penjara adalah sebuah tempat yang paling buruk, kumuh, dan sangat membosankan. Namun jika kamu telah menonton drama ini, semua pandangan negatif tersebut pun akan berubah. Drama Wise Prison Life menggambarkan kehidupan penjara di Korea Selatan ternyata tidak seburuk yang kita pikirkan. Di sana semua tahanan penghuni ruangan bertanggung jawab atas kebersihan ruangannya bersama. Di drama tersebut juga menjelaskan bahwa kehidupan penjara ternyata tidak membosankan seperti yang kita pikirkan, karena setiap minggunya akan selalu ada kegiatan-kegiatan positif yang dapat membuat para tahanan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  2. Jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja, seperti kata pepatah “Don’t judge a book by its cover”, drama ini mengajarkan kita untuk tidak mudah menilai seseorang dari penampilan luarnya saja. Banyak tokoh dalam drama yang tidak bisa kita tebak bagaimana karakter yang sebenarnya. Contohnya seperti tokoh petugas paeng, pada episode awal ia terkesan sebagai petugas egois, mudah emosi dan tidak peduli dengan para tahanannya. Namun sebenarnya dia adalah petugas penjara yang baik dan selalu mempedulikan kondisi para tahanannya.

  3. Jangan mudah menyerah dan putus asa. Sosok Kim Jae Hyuk mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah dalam menggapai impian sekalipun kita sedang berada di tempat yang terburuk dan terdapat berbagai hambatan yang menghadang. Sekecil apapun harapan yang kita punya kita harus terus berusaha dan pantang menyerah hingga kita dapat menggapai impian kita.

Menurut saya nilainya itu, “Kita tidak bisa hidup sendirian dan balaslah perbuatan jahat dengan perbuatan baik”. Drama ini juga mengajarkan kita bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian. Seperti sosok Kapten Yoo yang awalnya terkesan tak acuh terhadap lingkungan sekelilingnya karena merasa bahwa semua orang yang berada di penjara adalah orang yang jahat. Namun pada akhirnya dia menyadari bahwa untuk bisa bertahan di sana ia harus berbaur dengan sekitar. Ia pun mulai membuka dirinya dengan teman seruangannya dan mulai menyadari bahwa teman seruanganya ternyata tak seburuk dan sejahat yang ia kira. Kim Jae Hyuk membalas perbuatan jahat yang dilakukan Ddolman terhadap dirinya dan teman seruangannya dengan perbuatan baik. Walaupun Ddolman telah berbuat jahat, tetapi ia membalasnya dengan meminta Ddolman menjadi penangkap bolanya saat latihan bermain bisbol. Merasa diperlakukan sebagai manusia akhirnya membuat Ddolman luluh dan menjadi teman Kim Jae Hyuk.