Neo Geo Mini, Mesin Arcade Dengan Wujud Konsol?

Tanggal 18 April kemarin SNK mengumumkan untuk merilis konsol baru agar tidak tertinggal dengan beberapa perusahaan video game mulai meluncurkan kembali konsol klasik yang pernah mereka rilis dahulu kala. Melalui tweet-nya sepertinya mereka benar-benar berencana untuk merilis konsol tersebut.

Tapi tak disangka, SNK merilis konsol arcade dalam bentuk mini. SNK mengumumkan akan merilis Neo Geo Mini, di mana konsol ini merupakan versi mini dari mesin arcade Neo Geo MVS, dan akan hadir dalam dua versi yakni versi Intenasional dan versi Asia dengan tampilan yang lebih berwarna.

Neo Geo Mini hadir dengan ukuran yang sesuai dengan namanya, dengan dimensi 135 mm x 108 mm x 162 mm dan bobot 60 gram. Selain itu, konsol mini ini mengusung layar LCD 3,5-inch dengan tambahan HDMI port, dua external port controller serta headphone jack.

SNK tidak membeberkan game apa saja yang akan disertakan di konsol terbarunya ini, namun dipastikan akan hadir dengan 40 game populer. Meniliki dari gambar resmi yang dirilis, judul-judul seperti Metal Slug, Metal Slug 2, Real Bout Fatal Fury, Real Bout Fatal Fury 2: The Newcomers, The King of Fighters ’97, The King of Fighters ’98, Samurai Shodown II, dan Samurai Shodown V Special.

Untuk harga dan tanggal rilis pastinya belum mereka umumkan, tapi kita tunggu saja tahun ini.

Aku nggak yakin konsol arcade ini bakal laku keras, kenapa? Kalau dilihat dari desain kontrolnya, penempatan joystick pada konsol ini menutuku bakalan kurang nyaman dipakai oleh pemain. Sementara dilihat dari daya tarik, memang Neo Geo memiliki keunikan tersendiri yaitu sebagai arcade portable, tapi mesin arcade sendiri bukankah daya tariknya memang yang biasa ada di game center, yaitu ukurannya yang besar, dan suasana saat kita main di game center itu sendiri.

image
Alamiahnya ya kayak gini