Negara bersistem pendidikan terbaik di dunia ? Apa dan bagaimana bisa?

Ya, jadi kali ini kita akan membahas tentang sebuah negara yang menyandang gelar sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Ada yang tahu negara mana yang menyandang gelar ini ? Dan apa alasan yang membuat negara ini mendapatkan gelar tersebut? hahaha… Jangan khawatir teman-teman sekalian, karena memang kita disini untuk membahas hal-hal tersebut.

Langsung saja kita mulai menjawab pertanyaan pertamanya ya ?

Jadi, adakah diantara teman-teman yang terpikir atau sudah menebak negara yang menyandang gelar tersebut ? hahaha… Ya… Baiklah. Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia. Gimana ? Untuk yang tadi coba menebak, apa tebakan kalian tepat ?.

Ya… Finlandia adalah negara yang menyandang gelar sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Sebelum membahas mengenai gelar tersebut lebih lanjut, yuk kita sama-sama mengenal seperti apa negara Finlandia sebenarnya.

Finlandia merupakan negara nordik dengan pemerintahan berbentuk republik parlementer dan dipimpin oleh Presiden, namun dengan menerapkan sistem semi presidensial. Finlandia terletak di Eropa Utara dan berbatasan dengan negara Swedia, Norwegia dan Rusia. Ibukota negara Finlandia adalah kota Helsinki dengan bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa finlandia dan swedia (sami). Finlandia memiliki ribuan pulau dan juga danau, yang mana salah satu danau ini merupakan danau terbesar kelima di dunia, yaitu danau Saimaa. Dan uniknya Finlandia ini termasuk salah satu beberapa negara di dunia yang tetap “bertumbuh”, ya… tumbuh, dalam artian secara harfiah daratan Finlandia semakin meluas 7 Km² setiap tahunnya sejak zaman es terakhir. Wahh luar biasa unik ya ?.

Nah selain keunikan geografinya, Finlandia ini juga dikenal sebagai negara yang terdepan dalam beberapa bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan yang kemudian menjadikan Finlandia sebagai pemegang gelar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Tetapi apa ya sebenarnya yang menjadi alasan terpilihnya Finlandia untuk menyandang gelar ini ?. Pasti teman-teman penasaran kan ?

Yaa… Langsung saja saya akan beberkan beberapa fakta yang menjadi alasan atau faktor bahwa sistem pendidikan di Finlandia berbeeda dengan negara lain.

Yang pertama, yaitu adanya peraturan bahwa hanya anak yang sudah berusia 7 tahun yang bisa masuk sekolah dasar. Hal tersebut dilakukan karena di Finlandia, dipercaya bahwa kesiapan mental dan psikologis anak untuk mulai belajar di sekolah berada pada usia 7 tahun.

Yang kedua, adalah sistem waktu belajar yang sangat efektif dan telah diperkirakan secara matang, yaitu menerapkan sistem belajar selama 45 menit dan istirahat selama 15 menit. Hal ini dilakukan karena para pendidik percaya bahwa kemampuan seorang anak dalam menyerap ilmu bisa didapatkan dengan maksimal, yaitu dengan cara memberikan istirahat yang cukup pada anak didik untuk membantu dalam membangun sistem fokus yang baru. Sehingga, anak didik akan lebih siap untuk menerima dan menyerap ilmu baru dengan lebih fokus dan lebih maksimal.

Kemudian yang ketiga, adanya kemudahan rakyat untuk mendapatkan pendidikan, karena sekolah negeri di Finlandia dibebaskan dari biaya dan sekolah swasta yang tetap berbayar namun tetap diawasi dan diatur secara ketat dengan harga yang masih terjangkau dan tidak mempersulit kalangan menengah ke bawah untuk tetap bisa bersekolah. Saking ketatnya pengawasan pada sekolah swasta, tidak banyak sekolah swasta yang berdiri di Finlandia dan jumlahnyapun dapat dihitung dengan jari yang mana sekolah-sekolah wasta tersebut adalah sekolah yang berbasis agama.

Fakta keempat, yaitu semua fasilitas penunjang pendidikan juga dibebaskan biaya oleh pemerintah. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain, seperti makan siang, biaya kesehatan serta angkutan sekolah, dengan tujuan untuk mendukung proses siswa dalam mendapatkan pendidikan yang layak, aman dan nyaman.

Fakta kelima, berbeda dengan Indonesia serta beberappa negara lainnya, Ujian Nasional (UN) tidak diberlakukan di Finlandia bahkan dianggap tidak diperlukan. Wah pasti mendengar ini seperti membayangkan surga bagi pelajar di Indonesia ya ? hahaha karena saya dulu juga begitu, ya walaupun sekarang sistem di Indonesia juga sudah berubah dan UN sudah ditiadakan. Nah kira-kira kenapa ya UN itu dianggap tidak diperlukan di Finlandia ? Ada yang tau alasannya ? Ya… Jadi UN disetujui oleh para pendidik/guru beserta pemerintah untuk ditiadakan, karena mereka percaya bahwa kredibilitas dan mutu tenaga pengajar di negara Finlandia memungkinkan untuk bertanggung jawab dan menjamin pendidikan siswa tanpa adanya UN. Dan pemerintah meyakini bahwa guru adalah orang yang paling mengerti tentang kurikulum dan cara penilaian terbaik yang paling sesuai dengan siswa-siswa mereka.

Kemudian fakta keenam, adalah pengaturan waktu belajar di sekolah bahwa di SD kegiatan belajar di sekolah hanya berlangsung selama 4 sampai 5 jam sehari, sedangkan SMP dan SMA diberlakukan sistem layaknya bangku perkuliahan. Hal ini diberlakukan agar siswa tidak merasa penat dan stres saat belajar di sekolah.

Yang ketujuh, di Finlandia tidak ada sistem ranking untuk siswa yang mana hal tersebut saangatlah berbeda dengan sistem di negara-negara lain. Hal ini selaras dengan pemerintah yang berupaya untuk meningkatkan mutu sekolah dan guru secara merata sehingga semua siswa dapat menjadi pintar secara merata tanpa terkecuali. Pembelajaran di sekolah berlangsung secara kolaboratif, dan juga kelas campuran diberlakukan. Strategi ini terbukti berhasil, karena pada saat ini Finlandia merupakan negara dengan kesenjangan pendidikan terkecil di dunia.

Dan terakhir, fakta kedelapan adalah semua guru di disekolahkan dan dibiayai oleh pemerintah sampai meraih gelar Master atau sampai menyelesaikan S2 dan diharuskan memiliki tesis yang telah dipublikasi, tanpa memandang guru tersebut dari jenjang mana. Sehingga, hal ini membuat profesi guru menjadi salah satu pekerjaan yang paling bergengsi loh di Finlandia. Dan tak hanya itu, pendapatannya pun 2 kali lipat melebihi gutu di Amerika Serikat. Wah keren banget ya ?

Nah gimana nih teman-teman setelah mendengar fakta-fakta tentang sistem pendidikan di Finlandia tadi ? Ada yang berminat untuk menjadi guru disana ? Hahaha… Tapi tentunya, kita harus mengutamakan pendidikan untuk negara kita terlebih dahulu dong, iya kan ? Atau mungkin ada yang terinspirasi untuk mengejar pendidikan di sana dan kembali ke Indonesia untuk turut mengembangkan pendidikan di negara tercinta kita ini, agar bisa menyusul jejak Finlandia ? Kalau ada, saya dukung dan doakan untuk kesuksesan kalian ya… aamiiin. Jadi memang Finlandia layak ya, untuk menyandang gelar negara bersistem pendidikan nomer 1 di dunia. Ya… Karena memang pemerintahnya sangat memprioritaskan kualitas pendidikan yang efektif bagi rakyatnya serta menjamin kesejahteraan para tenaga pengajarnya.

Tapi nih teman-teman, seakan tidak cukup sampai di situ, ada hal lain yang menjadikan Finlandia ini semakin istimewa nih, yaitu Finlandia juga menjadi negara nomer 1 dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia loh. Wah lagi-lagi gelar yang luar biasa disandang oleh negara ini ya ? Melihat fakta-fakta diatas dimana pemerintah sangat berupaya untuk kenyamanan siswa dalam belajar agar tidak stres, jaminan keamanan yang juga disediakan bagi para siswa, berbagai kemudahan dan keringanan yang dijamin agar pendidikan diadakan secara adil dan merata, serta upaya pemerintah untuk menyejahterakan para pengajar demi menghasilkan pendidikan dan sumber daya manusia yang berkualitas sangat patut diacungi jempol. Terlihat dari perhatian pemerintah pada bidang pendidikan tersebut menjadi gambaran bagaimana pemerintah Finlandia sangat berupaya untuk menyejahterakan rakyatnya untuk kemudian membangun negara yang kokoh dari dalamnya, sehingga tidak heran jika Finlandia menjadi negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia, karena negara berupaya untuk menjamin kenyamanan hidup rakyatnya untuk kepentingan bersama.

Wah salut banget deh sama Finlandia, dengan gelar-gelar dan fakta-fakta tersebut Finlandia sangatlah patut untuk dijadikan contoh ya ? Saya berharap suatu saat nanti Indonesia juga akan meraih pencapaian seperti Finlandia dan juga mencapai pada kesejahteraan bersama. Namun, tentunya hal tersebut dapat terwujud dengan campur tangan kita juga loh teman-teman,sebab semua sistem tersebut dinyatakan berhasil karena rakyatnya mau bekerja sama dan saling bergandeng tangan untuk menunjung kepentingan bersama. Maka dari itu untuk melakukan perubahan, setidaknya kita perlu mulai dari diri kita sendiri walau sekecil apapun itu. Semangat untuk kita semua ya…