Negara apa saja yang mempunyai luas wilayah terkecil?

Berbeda dengan tinggal di Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Negara-negara terkecil di dunia ini luas wilayahnya bahkan ada yang hanya 0,44 kilometer persegi. Kebayang kalau negara-negara ini sangat-sangat kecil, bahkan kamu bisa menjelajahi keseluruhan wilayahnya dalam satu hari saja. Jumlah keseluruhan negara di dunia adalah 196 dan ada 12 negara yang terhitung mempunyai luas wilayah terkecil. Negara apa saja?

Berikut daftar negara terkecil di dunia:

  1. Vatikan dengan luas wilayah 0,44 km²
    Negara terkecil di dunia adalah Vatikan dengan luas wilayah 0,44 km². Sedangkan jumlah populasinya ada sekitar 842 jiwa. Seperti yang sudah diketahui Vatikan adalah Tahta Suci dan pusat Gereja Katolik dunia. Vatikan ini lokasinya berada di ibu kota Italia yaitu Roma. Negara ini langsung diperintah oleh Uskup Roma yaitu Paus.

  2. Monako dengan luas wilayah 2 km²
    Monako yang punya bendera kebangsaan sama dengan Indonesia ini juga memiliki luas wilayah yang sangat kecil. Negara yang terletak di Prancis ini adalah salah satu negara independen di dunia. Kalau menyebut negara yang satu ini pasti nggak bisa lepas dari nama-nama jutawan dan miliarder dunia. Monako ini juga dikenal karena industri perjudian dan jadi tempat favorit orang-orang terkaya di dunia.

  3. Nauru dengan luas wilayah 21 km²
    Kalau Indonesia dikenal dengan negara kepulauan besar, nah Nauru berbeda dengan Indonesia. Nauru dinobatkan sebagai negara kepulauan terkecil di dunia. Republik Nauru yang berlokasi Pasifik Tengah sebelah timur Australia ini merdeka di tahun 1968. Sampai saat ini Nauru dikelola oleh Australia, Selandia Baru, dan Inggris. Salah satu hal unik dari Nauru adalah penduduk di negara ini dikenal paling gemuk dan hampir 90% mengalami obesitas.

  4. Tuvalu dengan luas wilayah 26 km²
    Mungkin kamu malah belum pernah mendengar soal Tuvalu, negara yang memperoleh kemerdekan dari Inggris ini berada di Samudra Pasifik. Lokasi negara yang satu ini juga dekat dengan Australia, sayangnya akses ke Tuvalu masih sangat sulit sehingga hanya sedikit wisatawan yang bisa datang ke sini. Saat ini ada sekitar 10.000 penduduk dan mata uangnya mereka adalah Dollar Australia (AUD).

  5. San Marino dengan luas wilayah 61 km²
    Wilayah San Marino sepenuhnya dikelilingi oleh Italia, negara kecil ini dikenal dengan keindahannya. Negara republik konstitusional tertua di dunia ini juga termasuk negara terkecil ketiga di Eropa. San Marino yang punya keindahan alam yang bikin berdecak kagum ini populasinya hanya 30.000 orang.

Sumber: