NASA berencana meninggalkan astronotnya?

Peluncuran Apolo 11 merupakan langkah besar bagi manusia. Ada laporan bahwa NASA tidak mengasuransikan jiwa astronotnya dan berencana meninggalkan astronotnya di bulan apabila hal buruk terjadi. Benarkah?

Beberapa bulan menjelang peluncuran legendaris Apolo 11, Neil Armstrong dan rekan-rekannya menandatangani ratusan dokumen. Yang paling terkenal adalah “sampul”, yaitu amplop yang ditandatangani dan diberi tanggal menurut tanggal-tanggal penting.

Ketika NASA pelit dalam urusan polis asuransi jiwa bagi para astronot, mereka kemudian mengirim sampul-sampul itu kepada teman dan kerabat agar bisa dijual sekiranya terjadi malapetaka.

Tindakan itu bukan tak berdasar. Ada sejumlah laporan yang menyebutkan NASA bahkan telah memiliki rencana memutus komunikasi dengan Apollo 11 sekiranya para astronot terjebak di Bulan. Presiden Nixon juga telah menuliskan pidato jika hal buruk terjadi.

Bahkan hingga 2003 pun NASA belum memiliki asuransi khusus bagi para astronot. Ketika pesawat Challenger meledak di tengah penerbangan, keluarga korban hanya menerima asuransi jiwa sesuai standar federal.

Sekarang ini, dengan semakin gencarnya upaya mengadakan wisata angkasa, beberapa perusahaan swasta menawarkan asuransi yang melindungi petualangan antigravitasi.