Musik di sisi gelap bulan, Bagaimana bisa? Siapa yang memainkannya?!

Musik merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik dapat mengikuti suasana jiwa para pendengarnya. Namun apa yang terjadi bila terdapat suara musik di bulan? Menyeramkan ya? Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai musik dibulan ini?

Mungkin berita ini bisa menjawab pertanyaan sobat diskusi

Dikutip dari: suara.com

Hal mengejutkan dialami para astronot wahana Apollo 10 yang mengitari Bulan, dua bulan sebelum pendaratan Neil Armstrong dengan Apollo 11-nya pada tahun 1969. Para kru Apollo 10 mengaku mendengar musik misterius saat melintasi sisi gelap Bulan.

Pada tahun 2008, setelah 39 tahun lamanya dirahasiakan, rekaman perjalanan Apollo 10 diungkap oleh Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA). Saat melintasi sisi gelap Bulan, yang tak terjangkau oleh gelombang transmisi radio dari Bumi, para astronot mendengar suara-suara aneh dari perangkat headset mereka.

Mereka pun sempat mempertanyakan, suara apa yang mereka dengar. Mereka bahkan berdiskusi, haruskah mereka memberitahukan apa yang mereka dengar kepada pusat komando NASA di Bumi.

“Kau dengar itu? Suara bersiul itu? Whoooooo!” kata salah seorang astronot.

“Itu terdengar seperti, kau tahu, tipe musik luar angkasa,” jawab lainnya.

“Yah, itu tentu musik yang aneh,” sahut rekannya yang lain.

Suara aneh tersebut terus terdengar selama sekitar satu jam, selama kapsul Apollo 10 yang mereka tumpangi melintasi sisi gelap Bulan. Saat ini, rekaman tersebut kembali diungkap dan muncul di serial ketiga NASA’s Unexplained Files yang ditayangkan di saluran Science Channel.

Dalam serial tersebut, astronot Apollo 15, Al Worden mengatakan, “Kru Apollo 10 amat terbiasa mendengar suara yang seharusnya mereka dengar. Logikanya, jika ada sesuatu yang terekam di sana, maka memang ada sesuatu di sana”.

Sejumlah pakar yang dihadirkan dalam serial tersebut juga ditanyai soal banyak kemungkinan asal dari suara aneh tersebut, termasuk suara yang ditimbulkan oleh medan magnet atau atmosfer Bulan yang bersimpangan dengan radio. Namun, para pakar menyebut, Bulan tidak memiliki medan magnet, Sementara itu, Bulan tidak memiliki atmosfer yang cukup untuk bisa memunculkan suara semacam itu.

Asal dari suara tersebut pun masih menjadi misteri.