Museum Ullen Sentalu, Museum Budaya Jawa Terbaik di Jogja ?

image

Museum Ullen Sentalu, Museum Budaya Jawa Terbaik di Jogja ?

image

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak objek wisata yang tidak pernah habisnya untuk menarik perhatian para pelancong. Provinsi ini memiliki pesona yang membuat para wisatawan rela datang jauh-jauh untuk berwisata dan menikmati setiap sudut dari kawasan ini. Di setiap wilayahnya terdapat objek-objek pelancongan jogja yang wajib untuk dikunjungi jika sedang liburan di Yogyakarta.

Di Sleman ini terdapat sebuah museum yang populer baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu Museum Ullen Sentalu. Museum ini adalah museum budaya Jawa yang di dalamnya terdapat peninggalan dari kesultanan-kesultanan Jawa mulai dari Kesultanan Mataram Islam juga pecahan dari kesultanan tersebut yaitu Kesultanan Yogyakarta, Kesultanan Surakarta, dan juga Kesultanan Mangkunegaran. Terdapat pula peninggalan jaman Mataran Kuno berupa arca dan patung yang berusia ribuan tahun.

Ullen Sentalu merupakan museum yang dikelola oleh pribadi oleh sebuah yayasan sehingga harga tiket di museum ini cukup mahal apalagi kalau dibandingkan dengan museum-museum yang dikelola oleh pemerintah.

Walau cukup mahal, museum ini selalu ramai dikunjungi khususnya saat akhir pekan. Wisatawan dapat melihat koleksi-koleksi museum yang mempunyai nilai sejarah seperti batik, gamelan, foto-foto keluarga kerajaan yang merupakan sumbangan dari kesultanan-kesultanan yang telah dijelaskan diatas. Semuanya koleksi yang ada ditata dengan apik sehingga menarik. Terdapat pula seorang pemandu yang siap menjelaskan kisah dan sejarah dari benda-benda yang ada di setiap ruangan yang dikunjungi.
Lokasi Ullen Sentalu

Museum ini berada di kawasan Kaliurang tepatnya di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, DIY. Perlu waktu satu hingga satu setengah jam untuk sampai ke museum ini mengunakan kendaraan pribadi dari pusat kota.

Tips Wisata Ullen Sentalu

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk daerah pegunungan.
  2. Pakai alas kaki yang nyaman.
  3. Dilarang foto di dalam kawasan Ullen Sentalu.
  4. Jika datang dalam jumlah besar bisa sewa bus pariwisata di Jogja.
  5. Jaga kebersihan kawasan wisata.

sumber : https://blog.jadipergi.com/museum-ullen-sentalu-museum-budaya-jawa-terbaik-di-jogja.html