Mozart Effect, Benarkah Meningkatkan Kemampuan Otak?

mozart1

Apakah kalian pernah mendengar tentang musik Mozart? Ya, musik klasik yang diciptakan oleh Wolfgang Amadeus Mozart itu disinyalir mampu meningkatkan kemampuan otak jika didengarkan secara berkala. Hal ini bermula pada tahun 1993 oleh peneliti dari Universitas California yang mengklaim ketika siswa yang mendengarkan musik Mozart sebelum ujian berhasil melewati tes dengan lebih baik dibandingkan yang tidak. Akibatnya, karena beberapa klaim tersebut, muncullah istilah Mozart Effect , yaitu kondisi peningkatan kepintaran beberapa saat setelah mendengar musik klasik gubahan Mozart. Akan tetapi, penelitian lain belum bisa membuktikannya secara gamblang.
Menurut kalian, apakah Mozart Effect ini dapat meningkatkan kemampuan otak? Atau music selain Mozart juga dapat meningkatkan kemampuan otak ?

Summary

Halodoc

menurutku mendengarkan mozart menambah fokus akan suatu hal sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak. setelah aku mencobanya, itu tidak berlaku untuk semua hal yang aku pelajari, meningkatkan fokus hanya pada suatu hal yang aku sukai.
selain music, ada beberapa cara yang aku percayai dapat meningkatkan kemampuan otak yaitu dengan membaca alquran setiap setelah sholat subuh dan setelah sholat maghrib. ada beberapa surah tertentu yang dipercayai dapat meningkatkan kemampuan otak. selain membaca alquran, puasa juga meningkatkan kemampuan otak karena disaat puasa kita berusaha untuk menghindari distraksi yang dapat mengurangi pahala puasa sehingga kita bisa fokus kepada hal yang positif. tidak hanya puasa wajib, puasa bisa dilakukan pada hari senin dan kamis selain mendapatkan pahala kita juga bisa fokus kepada hal yang positi fdan membangun potensi diri.