Moby Dick, paus pemakan daging!

image

Moby Dick merupaakan kisah paus yang ganas, dimana ia memakan banyak korban dari nelayan dan pelaut. Para pemburu paus berusaha menangkapnya namun tidak bisa. Apakah benar adanya paus Moby Dick?

Kisah dari novel moby dick, diinspirasi oleh kejadi sungguhan yakni tenggelamnya kapal Essex.

Saya membaca bahwa ada paus ganas yang melawan kapal pemburu paus, dimana minyak ikan paus merupakan sumber daya yang mahal pada kala itu. Berikut ceritanya :
Pada bulan November 1820, setelah berbulan-bulan melakukan perjalanan yang makmur dan seribu mil dari daratan terdekat, kapal selam dari Essex telah menangkap paus yang menyeret mereka keluar ke cakrawala dalam apa yang disebut kru “wahana giring Nantucket.” Owen Chase, yang 23 - pasangan pertama berusia satu tahun, tetap tinggal di Essex untuk melakukan perbaikan sementara Pollard pergi berburu ikan paus. Chase-lah yang melihat paus besar — ​​panjangnya 85 kaki, dia memperkirakan — berbaring dengan tenang di kejauhan, kepalanya menghadap ke kapal. Kemudian, setelah dua atau tiga spouts, raksasa itu langsung menuju Essex, “turun untuk kami dengan kecepatan tinggi,” Chase akan ingat — sekitar tiga knot. Paus itu menghantam ke dalam kapal dengan “guci yang mengerikan dan luar biasa, karena hampir melemparkan kita semua ke wajah kita.”

Paus itu lewat di bawah kapal dan mulai meronta-ronta di air. “Aku jelas bisa melihat dia memukul rahangnya, seolah-olah terganggu oleh kemarahan dan kemarahan,” kenang Chase. Kemudian paus itu menghilang. Para kru sedang berbicara tentang lubang di kapal dan mendapatkan pompa bekerja ketika satu orang berteriak, “Ini dia — dia membuatkan untuk kita lagi.” Chase melihat paus, kepalanya setengah dari air, meluncur dengan kecepatan tinggi. —waktu ini pada enam knot, pikir Chase. Kali ini ia memukul busur langsung di bawah tanduk dan menghilang untuk selamanya.

untuk kisah leengkapnya ada di sini