Misteri Patung 'The Unfinished Buddha' di Candi Borobudur

Hai Dictioners, sore ini aku mau bahas salah satu tempat bersejarah yang sempat masuk Seven Wonder of The World nih, yap candi borobudur Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi di kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Namun ada satu misteri nih di Candi Borobudur Sebuah patung Buddha yang tak sempurna, “The Unfinished Buddha”, menjadi salah satu misteri yang menyelimuti Candi Borobudur. Seperti julukannya, unfinished, arca itu dianggap “belum selesai” karena penampilannya yang tak lengkap, di mana sebagian tangan patung dibiarkan tak diukir. kira kira apa ya alasannya mengapa patung tersebut tidak di selesaikan?

Memang jika kita pernah ke kawasan Candi Borobudur pasti dapat meilihat patung ini, menurut sumber yang aku baca, Arkeolog berpendapat, patung Buddha itu ditinggalkan di tengah pengerjaannya karena dianggap cacat dan tidak rata. Jadi, alih-alih melakukan tindakan yang ekstrem dengan menghancurkan benda yang sakral itu, pemahat mungkin telah meletakkannya di dalam stupa hanya untuk menyingkirkannya. Sementara itu, pendapat lain mengaitkannya dengan restorasi Candi Borobudur yang dimulai oleh Gubernur Hindia Belanda asal Inggris, Sir Thomas Stamford Raffles pada 1814. Pengawas untuk salah satu proyek restorasi pertama Borobudur dan orang yang menemukan patung itu adalah Theodor Van Erp. Selama proses restorasi dari tahun 1907 sampai 1911, ia menemukan “The Unfinished Buddha” tidak berada di stupa utama, tetapi terkubur dalam lumpur di dalamnya.

Sama sekali tidak tahu asal usulnya, Van Erp berasumsi patung itu terdapat di dalam stupa. Dia percaya bahwa patung yang berbentuk tak sempurna itu telah ditinggalkan begitu saja. Anehnya, patung itu tidak pernah disebutkan dalam dokumen Raffles tentang restorasi Borobudur pada 1814. Namun, saat ini pendapat yang menyebut bahwa “The Unfinished Buddha” berada di dalam stupa telah diragukan. Pasalnya, sejumlah peneliti menemukan petunjuk baru tentang asal-usul patung tersebut.

Mereka mengatakan bahwa “The Unfinished Buddha” dibawa dari tempat lain dan tidak dimaksudkan untuk ditempatkan di dalam stupa utama.