Misteri Museum Kota Makassar

Hai dictioners, kali ini aku mau bahas salah satu bangunan bersejarah di kota Makassar, yaitu Museum kota Makassar. Museum Kota Makassar didirikan atas ide yang dilontarkan oleh Drs. HB. Amiruddin Maula, S.H., Msi saat mengawali masa jabatannya sebagai walikota Makassar. Museum ini menempati gedung balaikota lama yang terletak di jantung kota Makassar. Gedung yang digunakan merupakan sebuah bangunan bersejarah yang didirikan pada masa kolonial Belanda pada 1916. Museum kota Makassar yang diresmikan pada 7 Juni 2000 ini, hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai identitas dan sejarah kota Makassar serta budaya penduduk Makassar yang pluralistik melalui program berupa seminar, pameran, dan kesejarahan.

Koleksi museum ini di antaranya adalah peta bumi yang dibuat untuk kelancaran misi perdagangan dan politik di Indonesia pada masa silam. Peta merupakan sumber informasi yang berharga dari suatu daerah pada suatu masa. Dahulu Bangsa Eropa membuat peta berbagai daerah, khususnya yang dipandang penting dan strategis. Koleksi lain adalah relief potret Ratu Wilhelmina dan Yuliana, foto reproduksi naskah, foto-foto peristiwa serta bangunan bersejarah, peralatan sehari-hari, dan mata uang. Dibalik sejarahnya, ternyata Museum kota Makassar cukup menyimpan banyak cerita misteri, salah satunya adalah erita seorang karyawan sedang mengecek area gedung di malam hari, ketika sampai di belakang gedung ia mendengar suara anak – anak yag sedang tertawa, sungguh mengerikan. mneurut kalian apakah ada kaitannya dengan sejarah museum tersebut? apa kalian ada yang pernah mendengar ceritanya?

Menurut kisah yang beredar, memang gedung museum ini cukup menyimpan banyak cerita misteri, sesuai dengan cerita yang telah disebutkan diatas, Ada cerita seorang karyawan sedang mengecek area gedung di malam hari, ketika sampai di belakang gedung ia mendengar suara anak – anak yag sedang tertawa kemudian diikutinya sumber suara. Sayangnya ketika di dekati suara tersebut malah menghilang. Ada pula yang pernah melihat seorang kakek – kakek berjalan menuju gedung dan tiba – tiba menghilang begitu saja tanpa bekas jejaknya. Cukup mengerikan sih, entah bagaimana sejarah sesungguhnya yang terjadi, apakah ada cerita mengerikan dibalik sejarahnya.