Misteri lenyapnya peradaban Puebloans Nabatean

image

Nabatean adalah budaya dan peradaban sekitar abad ke-6 SM yang dihuni oleh sebagian masyarakat dari Yordania, Kanaan, dan Arab. Mereka dikenal sebagai pembangun kota Petra yang menjadi pusat kota mereka. Petra adalah kota yang mengesankan dengan mahkota permata dan harta karunnya. Kekayaan Nabatean diperoleh dengan menjadi jaringan pusat perdagangan yang kompleks, di mana mereka memperdagangkan gading, sutra, rempah-rempah, logam mulia, permata, kemenyan, gula parfum dan obat-obatan. Lalu mengapa peradaban ini lenyap? apa penyebabnya?

Berdasarkan artikel yang saya baca, selama abad ke-4, Petra ditinggalkan oleh Nabatean. Alasan jelasnya masih belum diketahui kenapa. Namun menurut bukti arkeologi, mereka membuktikan bahwa lenyapnya peradaban ini bukan karena mereka diusir dari Petra oleh budaya lain.

Penjelasan penyebab lenyapnya peradaban ini yang paling mungkin adalah karena rute perdagangan mereka yang bergantung pada rute utara, sehingga mereka tidak bisa lagi mempertahankan peradaban mereka dan meninggalkan Petra.

baca artikel