Misteri Jembatan Ponte da Mizarela Portugal

image

Jembatan Ponte da Mizarela atau yang dikenal dengan Jembatan Misarela ini berada di Montalegre, Portugal. Jembatan ini sangat indah dan kaya akan nuansa alam. Namun jembatan ini juga disebut sebagai “jembatan iblis” atau “jembatan dari neraka”. Mengapa jembatan ini bisa disebut dengan sebutan jembatan iblis atau jembatan neraka? Apa penyebabnya?

Konon katanya jembatan ini dibangun oleh Iblis. Maka dari situlah asal munculnya sebutan tersebut. Menurut cerita rakyat setempat, dulunya ada seorang penjahat meminta kepada iblis untuk membuatkan ia jembatan karena ia sedang terjebak di tepi sungai saat mencoba melarikan diri dari kejaran penduduk dari desa setempat. Iblis pun setuju dengan permintaannya. Namun dengan syarat Iblis akan dibayar dengan jiwa penjahat ini. Sang penjahat pun menyetujuinya dan berhasil melarikan diri menggunakan jembatan tersebut, dan jembatan tersebut pun menghilang sebelum para penduduk yang mengejar sang penjahat mencapai jembatan ini. Setelah pelariannya, sang penjahat pun menyadari kalau jiwanya sudah diambil oleh sang iblis, dan ia pun ingin bertobat dan menceritakannya kepada seorang pastur. Sang pastur pun memberikan ia beberapa botol air suci dan memerintahkan ia untuk memercikan air suci tersebut ke jembatan. Sang penjahat pun kembali ke sungai untuk meminta sang iblis memunculkan kembali jembatan ajaib tersebut. Dan setelah jembatan tersebut kembali muncul, dengan segera sang penjahat memercikan air suci yang ia bawa ke jembatan tersebut, dan akhirnya ia pun berhasil mengembalikan lagi jiwanya yang telah diambil sang iblis. Setelah kejadian tersebut, jembatan ini pun akhirnya tidak kembali menghilang, sehingga masih ada sampai sekarang.

Namun, entah apakah benar kejadian itu adalah sebuah fakta atau hanya sebuah cerita legenda. Karena kebenarannya pun masih belum bisa dipastikan hingga saat ini.

baca artikel