Misteri Dibalik Munculnya Pelangi

image

Pelangi atau Rainbow merupakan fenomena optik dan meteorologi berupa cahaya warna-warni paralel satu sama lain di langit atau media lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah ke cakrawala pada saat hujan ringan. Rainbow juga dapat dilihat di sekitar air terjun. Pelangi yang muncul tampak begitu indah. Namun dibalik munculnya pelangi ini terdapat beberapa kisah rahasia, rahasia apa sajakah dibalik munculnya pelangi itu?

Berikut beberapa rahasia dibalik munculnya pelangi:

  1. Pelangi kembar:
    pelangi ini terdiri dari lebih dari satu busur pelangi dimana terdapat pelangi lain dibelakang pelangi yang utama. Pelangi yang lain tersebut terbentuk dari refleksi double yang dihasilkan oleh sinar matahari & pusatnya berada di matahari tersebut sendiri. Urutan warna dari pelangi yang lainnya tampak terbalik dari pelangi pada umumnya.

  2. Pelangi terbelah:
    pelangi ini tidak banyak mirip dengan pelangi kembar tetapi pelangi tersebut mempunyai ujung yang menyatu jadi tampak seakan-akan terbelah menjadi dua selepas dari ujungnya. Perbedaan lain ialah warna dari pelangi yang lainnya urutannya persis sama dengan pelangi utamanya.

  3. Pelangi lingkaran:
    sesungguhnya semua pelangi berbentuk lingkaran sempurna, hanya saja ketika kita berdiri ditanah mata kita tidak bisa melihat semua bentuk lingkaran tersebut, sebab itulah umumnya kita hanya melihat separuh lingkaran pelangi. Tetapi apabila kita berada di pesawat atau gedung yang sangat tinggi maka kita bisa melihatnya.

  4. Pelangi di Titan:
    mungkin Anda tahu bahwa kondisi di Titan sangat lembab & juga basah. Sebab itulah memungkinkan terjadinya pelangi dalam planet Saturnus ini. Hanya saja cairan pembentuk pelangi tersebut bukan dari butiran air melainkan dari metan. Tidak hanya tersebut sebab lokasi dari planet ini terletak sangat jauh dari pusat sinar matahari, maka warna pelanginya juga sangat pucat.

  5. Bapak Pelangi
    Orang yang mengemukakan tentang pelangi adalah Pak Rene Descartes. Dia adalah seorang ilmuwan Prancis.Pak Descartes menjelaskan “Pelangi berasal dari sinar matahari dan butir-butir air”.

  6. Asal Usul Pelangi
    Pelangi terbentuk dari benturan sinar putih matahari dengan butiran air hujan. Warna putih sinar matahari ini, misteri warna pelangi sebenarnya gabungan dari beberapa warna yang kita kenal “Mejikuhibiniu”

  7. Pelangi Indah
    Misteri dari pelangi terbentuk dari butiran hujan yang besar berukuran 2 milimeter, sedangkan yang kecil berukuran 0,01 milimeter. warna pelangi yang indah akan muncul jika cahaya matahari berbenturan dengan butiran air yang besar. Sedangkan jika berbenturan dengan butiran air kecil maka akan terbentuk warna pelangi yang pucat.

  8. Pelangi pagi sore
    Pelangi tidak akan muncul meskipun hujan dan matahari bersinar terang pada pukul 12 siang. Pelangi hanya muncul pada saat pagi hari dan sore hari saja.

  9. Terang dibawah Pelangi
    Di bawah busur pelangi, langit tampak selalu terang. Karena, sinar warna - warni pelangi kembali menjadi satu.

  10. Pelangi Bulan Purnama
    Pelangi bulan juga dapat muncul saat malam hari tiba, butiran air hujan akan terbentur sinar cahaya bulan. Namun pelangi malam ini tidaklah seindah pelangi siang.

  11. Misteri ujung pelangi
    Banyak legenda yang mengatakan bahwa rahasia di ujung pelangi itu merupakan tempat penyimpanan harta kurcaci. Namun itu hanya cerita yang dibuat-buat saja, Misteri ujung pelangi sebenarnya adalah tidak ada apa-apa disana.

baca artikel