Misi apa saja yang pernah dilaksanakan oleh Melita Norwood?

image

Melita Norwood sebenarnya hanyalah seorang pegawai negeri biasa di Inggris. Tetapi kecenderungan ideologi komunisnya pada tahun 1937 menarik KGB (The National Security Agency of The USSR) untuk merekrutnya dengan memberikan misi sebagai agen rahasia pada 1940-an di fasilitas rahasia penelitian nuklir Inggris (British Non-Ferrous Metals Research Association) dengan nama sandi ‘Hola’. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai agen rahasia ini?

Wah kira-kira misi apa ya yang pernah dilakuin sama Melita Norwood ini… Apakah misi-misinya merupakan misi sabotase?

Berdasarkan yang pernah saya baca, dengan bergabungnya dengan fasilitas nuklir inggris tersebut mampu memberinya akses ke dokumen-dokumen rahasia yang sangat sensitif seperti skema untuk British atom pada tahun 1945.

Kegiatan spionase pertama kalinya diungkapkan kepada publik oleh Vasili Mitrokhin pada tahun 1999. Pada waktu itu juga terungkap bahwa pemerintah Inggris sebenarnya telah mengetahui statusnya Norwood sejak Pembredelan dan pencekalan tulisan-tulisan kontroversi Mitrokhin pada 1992, tetapi Inggris telah memutuskan untuk tidak mengungkit masalah ini.

Referensi: http://www.yudhe.com