Michael J. Ward : CEO yang Sederhana Namun Berkelas

Michael-Ward-1-e1490795876278

Michael Jon Ward menjabat sebagai Chairman, Chief Executive Officer dan Presiden Dayton & Michigan Railroad Co. Ward menjabat sebagai Konsultan CSX Corporation sejak 6 Maret 2017 sampai 31 Mei 2017. Dia menjabat sebagai Executive Vice President of Allegheny dan Perusahaan Kereta Api Barat. Beliau menjabat sebagai Presiden CSX Corporation sejak Juli 2002 sampai 11 Februari 2015. Beliau menjabat sebagai Chairman CSX Corporation dari Januari 2003 sampai 6 Maret 2017 dan menjabat sebagai Chief Executive Officer dari Januari 2003 sampai 6 Maret 2017.

Membawa Perusahaan ke Arah yang lebih baik

Selama 32 tahun karirnya, Ward memimpin operasi, penjualan batubara dan pemasaran transportasi , dan departemen keuangan. Di bawah kepemimpinan Ward, perusahaan ini mencapai tahun teraman di tahun 2009 dan secara konsisten unggul dalam layanan pelanggan. Dia adalah rel kereta api Railway Year of the Year tahun 2008. Dia telah menerapkan disiplin dalam berbisnis dan merasa dia bukanlah yang terbaik dalam saat ini. Ward telah menghabiskan 32 tahun dalam bisnis ini, di mana belum banyak orang yang bisa menyamai apa yang Ward capai. Meskipun dalam perjalanan awal seorang Michael Jon Ward juga tidak bisa dibilang mulus. Kepemimpinan seorang Ward telah dirasa berdampak pada beberapa anak buah dari Ward sendiri. Dalam sebuah wawancara ia berkata bahwa “Dia (Ward) memimpin dengan memberi contoh. Saya sangat menghormati dia" katanya.

Menjadi Panutan Bagi Bawahannya

Memimpin sebuah perusahaan, apalagi bila itu merupakan perusahaan besar akan menjadi masalah jika yang memimpin itu tidak mempunyai sikap yang layak dicontoh oleh bawahannya. Sikap kepemimpinan juga sangatlah berperan bagi kinerja perusahaan tersebut. Banyak sekali contoh pemimpin-pemimpin perusahaan tersebut menjadi contoh dan layak menjadi panutan bawahannya. Hal ini dilakukan juga oleh Ward. Pembawaan atmosfir saat masa ia memimpin menjadi samangat tersendiri bagi bawahannya yang ia pimpin.

“Michael dan timnya sangat luar biasa bagi kami, tidak ada yang lain kecuali kepercayaan pada kami,” kata seorang staff perusahaan. “Saya senang menjadi bagian dari warisannya di Jacksonville.”

Terlepas dari status bintang korporatnya, sikap Ward yang sederhana tidak pernah mengintimidasi seseorang. Begitu seharusnya sikap bijaksana seorang atasan yang layak dilakukan kepada bawahannya.

Fokus Tim Manajemen yang Dipimpin Ward

Ward dan tim manajemen senior di perusahaan CSX berfokus pada pencapaian kepemimpinan industri dalam kinerja operasi, keuangan, dan keselamatan perusahaan. CSX membukukan rasio operasi tercatat 74,7 persen pada tahun 2009 meskipun ada tantangan ekonomi yang signifikan. Komitmen perusahaan untuk memperbaiki layanan dan mempersiapkan jaringan untuk permintaan pengiriman jangka panjang ditunjukkan oleh investasi modal teranyar 2010 sebesar $ 1,7 miliar, sedikit meningkat di tahun 2009.

Pemikiran Jangka Panjang Ward

Menurut Ward, permintaan jangka panjang untuk layanan transportasi di A.S. akan terus menciptakan peluang pertumbuhan bagi industri angkutan barang dan memungkinkan CSX dan industri kereta api untuk memberikan nilai lanjut bagi ekonomi Amerika. “Dalam karir saya bersama CSX, saya tidak pernah merasa lebih yakin bahwa kita memiliki orang yang tepat dan alat yang tepat untuk dikelola melalui lingkungan ekonomi yang sulit ini,” katanya. “Kami telah menetapkan dasar yang kuat dengan karyawan yang berkomitmen dan operasi disiplin yang akan memungkinkan kami memanfaatkan prospek jangka panjang untuk layanan pengiriman barang.”

Akhir Karir Seorang Michael Jon Ward

Setelah berkecimpung dalam bisnis perkereta apian, Michael Jon Ward, yang sudah berusia 67 tahun, usia yang dianggap sudah veteran, akhirnya memutuskan untuk pensiun. Dia pensiun setelah 40 tahun karirnya dalam berkecimpung di dunia bisnis kereta api. Tentu saja, uang kompensasi yang diterimanya dari 40 tahun karirnya itu tidaklah sedikit. Namun, bagi seorang Ward hal itu dinilai terlalu banyak hanya untuk dinikmatinya seorang saja. Di akhir karirnya, dia memutuskan untuk berbagi kekayaannya, yaitu dengan membangun sebuah Yayasan Michael J. Ward. Jumlah nilai yang diberikan Ward kepada yayasan tersebut tak tanggung-tanggung yaitu sebesar $ 30 juta. Pada yayasan tersebut Ward berfokus pada hal pendidikan. Ada juga beberapa uang sumbangan Ward tersebut diberikan kepada orang yang telah mengalami kekerasan di rumah tangga.

"Ini adalah pekerjaan yang dibayar dengan baik. Saya mulai mendapatkan semua uang ini, "katanya dalam sebuah wawancara baru-baru ini. "Saya adalah orang yang cukup sederhana - rumah bagus, mobil bagus, istri yang baik - apa lagi yang saya butuhkan? Apa yang harus saya lakukan dengan itu?
“Saya mungkin telah diberi ini untuk membuat perbedaan positif,” katanya.

Referensi :
https://www.worldaffairscounciljax.org/about/speaker-portfolio/michael-j-ward/
http://www.bloomberg.com/research/stocks/people/person.asp?personId=257990&privcapId=257948