Metode atau teknik apa yang paling efektif untuk melakukan customer research?

Dengan memahami kebutuhan atau apa yang dibutuhkan pelanggan, kita dapat menyesuaikan kegiatan pemasaran produk.

Metode atau teknik apa yang paling efektif untuk melakukan customer research?

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan customer research, yaitu :

  1. Melakukan penelitian, penelitian memerlukan data yang didapat dari pengguna yang dianggap memenuhi syarat. Penelitian dapat dilakukan dengan cara survei yang diharapkan dapat menggambarkan pelanggan kita. Hal yang perlu diperhatikan adalah pertanyaan yang akan diajukan, sampel, dan tujuan kita melakukan survei.

  2. Mengenali kompetitor kita, dengan mengenali siapa pesaing kita maka kita dapat melakukan pengukuran untuk mengembangkan suatu produk atau layanan yang lebih baik lagi.

  3. Beta testing, yaitu proses yang memungkinkan kita melakukan simulasi peluncuran produk dan mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas terhadap apa saja yang dipikirkan oleh pengguna terhadap produk kita. Selain itu kita juga dapat mengumpulkan opini-opini pelanggan yang nantinya akan digunakan untuk pertimbangan keberhasilan produk.

  4. Up-to-date, yaitu dengan selalu melakukan pemantauan tentang berita yang terkait dengan produk yang akan kita buat sehingga diharapkan kita mendapatkan customer dan pasar yang tepat.

Hal-hal tersebut dapat dilakukan di tahap pengembangan, dengan tujuan untuk membantu mengarahkan suatu produk ke arah yang lebih baik lagi.

Sumber :