Metode apa saja yang dapat digunakan dalam melakukan customer research ?

Customer research adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang mereka melalui riset pelanggan dan digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan model bisnis.

Metode apa saja yang dapat digunakan dalam melakukan customer research ?

Berikut ini adalah beberapa metode customer research :

1. Advertising and promotion research

Anda dapat mengumpulkan informasi tentang keefektifan iklan dengan mengukur:

  • Kemungkinan pelanggan merespons strategi pemasaran dan promosi melalui pengujian di forum seperti fokus ke grup
  • Keefektifan masing-masing teknik promosi yang sudah dilakukan dan terencana melalui analisis data penjualan.

2. Customer satisfaction studies

Anda dapat menentukan seberapa puas pelanggan dengan kualitas produk dan layanan pelanggan dengan mensurvei pelanggan menggunakan:

  • Metode informal seperti percakapan dengan staf atau kartu penilaian produk dan layanan
  • Kuesioner yang menargetkan pelanggan lama dan sekarang.

3. Consumer decision process research

Anda dapat mengetahui apa yang memotivasi pelanggan untuk membeli, dan proses pengambilan keputusan apa yang mereka gunakan, melalui:

  • Survei dan kuesioner anda sendiri
  • Hasil survei yang dikumpulkan melalui riset pasar yang relevan dengan industri anda.

4. Concept testing

Anda dapat menguji seberapa baik ide pemasaran yang dibuat diterima oleh:

  • Menggunakan survei untuk mengetahui apakah pelanggan atau pelanggan potensial melihat produk Anda memiliki manfaat yang rasional dan bermanfaat
  • Melakukan wawancara pribadi atau grup fokus dengan pelanggan untuk memahami bagaimana mereka menanggapi ide pemasaran anda.
  1. Positioning research

Anda dapat mengetahui bagaimana pelanggan dan calon pelanggan melihat produk dan kinerja dibandingkan dengan pesaing dengan melakukan riset:

  • Angka penjualan untuk setiap segmen pasar
  • Sikap pelanggan dalam setiap segmen pasar.

6. Brand testing

Anda dapat menentukan bagaimana perasaan pelanggan tentang merek dan nama produk yang dibuat dengan:

  • Menggunakan kelompok fokus dan survei yang dirancang untuk menilai respons emosional terhadap produk dan nama merek anda.
  • Melibatkan peneliti branding untuk mempelajari kinerja merek di pasar menggunakan penelitian merek yang ada.

7. Price testing

Anda dapat mengetahui seberapa sensitif pelanggan terhadap perubahan harga dengan menggunakan rumus yang mengukur pendapatan mengalikan jumlah barang yang Anda jual dengan harga setiap barang. Tes ini memungkinkan anda untuk menghitung apakah total pendapatan meningkat atau menurun setelah membuat perubahan harga dengan:

  • Menghitung perubahan dalam jumlah produk yang diminta oleh pelanggan anda bersama dengan perubahan harga produk
  • Mengukur dampak harga produk anda pada permintaan produk.

8. Customer service audit

Anda dapat menentukan apakah menyediakan layanan pelanggan yang memadai dengan:

  • Mengembangkan survei pelanggan atau formulir umpan balik
  • Melakukan panel pelanggan atau survei telepon.

9. Social media monitoring

Cara lain untuk mengukur feedback pelanggan dan layanan pelanggan adalah dengan memantau keterlibatan dan feedback media sosial. Media sosial (khususnya Facebook) menjadi elemen umum dari banyak pemasaran bisnis dan semakin banyak digunakan oleh pelanggan untuk memberikan umpan balik, berbagi pengalaman layanan pelanggan dan membuat keluhan. Ini juga dapat digunakan untuk menjalankan survei dan menguji konsep. Jika dikelola dengan baik, itu bisa menjadi salah satu alat riset pelanggan anda yang paling kuat.

Referensi :