Menurut kamu Apa saja sih Daya Tarik dari Marine Tourism (Wisata Bahari) ?

image

Menurut kamu Apa saja sih Daya Tarik dari Marine Tourism (Wisata Bahari) ?

Diving Taman Nasional Laut Bunaken - Manado
Yang menjadi daya tarik marine tourism (wisata bahari), adalah sebagai berikut :
A. Umum

  1. Keindahan, yang meliputi : pandangan lepas/variasi pandangan didalam obyek, pemandangan lepas menuju obyek, keseresasian warna dan bangunan dalam obyek, dan kesantaian suasana dalam obyek.
  2. Keunikan sumber daya alam yang tampak.
  3. Banyaknya jenis sumber daya alam yang menonjol, berupa : Geologi, Flora dan Fauna, Air, dan Gejala alam lingkungan yang menonjol.
  4. Keutuhan sumber daya alam.
  5. Kepekaan sumber daya alam, yakni : Ada nilai pengetahuan, Ada nilai kebudayaan, Ada nilai pengobatan, dan Ada nilai kepercayaan.
  6. Kebersihan udara dan lokasi.
  7. Ruang gerak pengunjung dibanding dengan daya tampung
    .

B. Daya Tarik Taman Laut

  1. Keselamatan dalam lokasi, yakni : tidak ada gangguan ikan (binatang) buas, tidak ada arus berbahaya, jarang angin besar, jarang lalu lintas laut, dan bebas kepercayaan yang mengganggu.
  2. Variasi Fauna, berupa : variasi fauna besar yang tidak berbahaya, variasi ikan hias (min. 15 jenis), variasi koral laut lunak dan keras (min. 40), dan ada padang anemon.
  3. Keindahan didalam laut, yakni : tumbuh-tumbuhan laut, terdapat gua-gua laut / crade, keindahan relief, dan variasi/harmoni pandangan.
  4. Keutuhan.
  5. Keunikan dan Kepekaan, seperti : ada peninggalan sejarah, ada kapal tenggelam, ada keganjilan bentuk, dan ada nilai ilmu pengetahuan.
  6. Kejernihan air, yakni : tampak sampai kedalaman min. 15 m, tidak ada plankton yang mengganggu, tidak ada pengaruh pemukiman, tidak ada pengaruh pelabuhan, tidak ada pengaruh pasar / gudang ikan/pabrik, dan tidak ada pencemaran lain.
  7. Banyaknya lokasi kedalaman.
  8. Situasi pandangan dan kenyamanan permukaan, berupa : pantai rindang, pantai pasir putih, kebersihan pantai, dan pemandangan pulau-pulau.

C. Daya Tarik Pantai

  1. Keindahan, berupa : variasi pandang pulau, keindahan relief, kerindangan tepi pantai, keserasian pandangan pantai dan sekitarnya, dan ada ciri khusus.
  2. Keselamatan laut tepi pantai, seperti : tidak ada arus balik berbahaya, tidak ada kecuraman dasar laut, bebas gangguan binatang berbahaya, dan tidak ada kepercayaan yang mengganggu.
  3. Jenis Pasir.
  4. Variasi Kegiatan.
  5. Kebersihan Air, berupa : tidak ada pengaruh pelabuhan, tidak ada pengaruh pemukiman rakyat, tidak ada pengaruh sungai, tidak ada pengaruh pelelangan ikan/pasar/pabrik, tidak ada sumber pencemaran lain, dan tidak ada pengaruh/akibat musim.
  6. Lebar Pantai.
  7. Kebersihan/Kenyamanan, berupa : tidak ada sampah, tidak ada corat-coret, bebas kebisingan, tidak banyak gangguan binatang, seperti nyamuk, dsb, bebas bau yang mengganggu, dan sedikit kerikil/ kerang tajam.