Menurut Kalian Apakah Jakarta Sudah Tidak Layak Di Tinggali Lagi Sebagai Ibu Kota?

Dalam beberapa dekade terakhir, Ibu kota kita tercinta yakni, Jakarta sudah mengalami serangkaian masalah yang mengancam sekitar belasan juta jiwa yang tinggal di dalamnya seperti banjir yang hampir terjadi setiap tahunnya, penurunan tanah, intrusi air laut, tingkat polusi udara yang selalu tinggi, hingga kemacetan menjadi masalah - masalah klasik yang menimpa ibu kota kita setiap harinya kendati pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang sudah disebutkan di atas.

Hal ini belum ditambah dengan kepadatan penduduk Jakarta yang populasinya per 2021 ini berdasarkan sensus terbaru mencapai 10,56 juta jiwa menjadikannya sebagai kota terpadat di Indonesia dengan tingkat urbanisasi yang sangat tinggi. kepadatan ini juga disebabkan oleh status Jakarta yang saat ini berperan sebagai ibu kota sekaligus pusat ekonomi. Hal - Hal seperti inilah yang membuat beberapa pengamat menilai jika Jakarta saat ini sudah tidak layak huni lagi. Menurut Bank Dunia, standar kota layak huni harus memenuhi indikator seperti memiliki perumahan yang layak huni dan terjangkau, memiliki tingkat kemacetan lalu lintas yang sedikit, akses ke air bersih dan sanitasi, dan tingkat polusi yang rendah.

Menurut Kepala Ekonom Bank Dunia, Frederico Gil Sander, Jakarta akan menjadi kota yang layak huni apabila membebaskan fungsinya sebagai pusat pemerintahan dengan memindahkannya yang dimana pemerintah Indonesia merespons dengan upaya pemindahan ibukota ke Kalimantan dan tetap menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia seperti halnya Amerika yang memiliki Washington D.C sebagai ibu kota dan New York sebagai Pusat perekonomian ataupun Turki yang memiliki Ankara sebagai ibu kota dan Istanbul sebagai pusat perekonomian.

Dalam hal ini, apakah youdics sekalian setuju jika Jakarta saat ini sudah tidak layak lagi ditinggali sebagai ibu kota berdasarkan opini dan pengelaman keseharian kalian ?

Lalu apakah youdics sekalian juga setuju jika rencana pemindahan ibu kota bisa menjadi sebuah solusi untuk Jakarta supaya menjadi kota yang layak huni lagi ?

Terlepas dari segala permasalahan yang dimiliki, seperti misalnya masalah lingkungan hidup, kepadatan penduduk, dan lalu lintas, saya merasa bahwa Jakarta adalah kota yang masih layak untuk ditinggali sebagai Ibukota.

Selama berpuluh-puluh tahun aktifitas ekonomi nasional berpusat di kota ini. Pergerakan ekonomi di Jakarta sangatlah besar jika dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Di kota Jakarta juga lebih ada banyak peluang ekonomi tentunya dan juga peluang kerja yang lebih besar. Karena ini juga harga tanah dan properti di Jakarta cukup menjanjikan. Ini tidak lepas juga dari aksesibilitas yang tinggi dan fasilitas transportasi yang memadai dibanding daerah luar Jakarta.

Kepadatan penduduk pun tidak selamanya merupakan hal yang buruk. Justru banyaknya penduduk membuat peradaban menjadi hidup, ekonomi berputar, budaya saling bertemu, fasilitas, sarana dan prasarana mudah dijangkau dan lengkap.

Jika mengikuti rencana saat ini untuk membangun ibukota, saya kurang yakin apakah ibukota baru itu nanti akan lebih layak dihuni dibanding Jakarta. Dari segi lingkungan hidup, kepadatan penduduk, mungkin ya lebih baik. Namun dalam hal pembangunan, transportasi, fasilitas dan arus ekonomi saya rasa butuh waktu yang tak sebentar buat mewujudkannya. Karena ibukota baru akan dibangun dari nol, bukan dari kota yang sudah ada.