Menurut Anda Bagaimana Pengelompokan Seni Rupa Berdasarkan Tujuannya?

Berdasarkan tujuan pembuatan karya seni rupa, kita mengenal adanya karya seni rupa yang terbagi menjadi beberapa macam. Apa sajakah karya seni rupa berdasarkan tujuannya?

  1. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan religius
    Karya-karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan ini ditunjukan sebagai bentuk pengabdian yang tulus kepada aspek dan nilai religi yang dianut senimannya. Pada masyarakat paganisme dahulu, karya-karya seni patung banyak dibuat sebagai bentuk pengabdian kepada dewa-dewa yang dianut kaum tersebut.

  2. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan magis
    Karya seni rupa jenis ini dibuat untuk menumbuhkan nuansa atau kesan magis (sihir). Pada masyarakat primitif serta kelompok masyarakat yang menganut sekte tertentu, sering membuat patung untuk tujuan seperti ini.

  3. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan simbolis
    Karya seni rupa jenis ini dibuat sebagai perlambangan nilai-nilai yang dianut oleh suatu bangsa, kelompok tertentu, atau organisasi. Bangsa Indonesia memiliki simbol yang dikenal di mana-mana, yakni simbol burung garuda. Setiap organisasi, termasuk sekolah, pemerintah kabupaten, dan sejenisnya memiliki logo tertentu yang dijadikan simbol.

  4. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan estetis
    Karya seni rupa jenis ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan batin semata, yakni hanya dinikmati sebagai karya seni secara utuh. Karya ini dibuat sebagai hiasan dan dekorasi.

  5. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan komersial
    Sesuai dengan tujuannya, karya seni rupa jenis ini dibuat untuk menghasilkan uang. Artinya, karya seni rupa yang dibuat diperjual belikan secara terbuka. Tujuan akhir dari pembuatan karya seni rupa jenis ini adalah memperoleh keuntungan.