Menurut Anda Bagaimana Melukis dengan iPhone/iPad?

Beberapa seniman masa kini yang tentunya tidak gaptek sudah berkarya dengan iPad atau iPhone nya. Siapa sajakah mereka, dan bagaimana karya lukisan dengan menggunakan iPhone/iPad tersebut?

Beberapa nama di antaranya tersebut nama David Hockney. David adalah seorang pelukis dan fotografer dari Inggris, yang sekarang tinggal di Amerika Serikat. Aliran yang disukai Hockney adalah pop art, dan dianggap sebagai seniman asal Inggris yang paling berpengaruh di Abad 20.

Alasan Hockney untuk menggambar di atas layar iPad-nya adalah karena menurutnya melukis itu seperti bermain catur. Pikiran kita berjalan lebih cepat dari gerakan yang ingin dilukis, dan iPad memungkinkan dia untuk mengejar gerakan itu. Selain itu, teknologi yang dipake untuk menggambar di iPad memungkinkan lukisannya bergerak-gerak seperti animasi. Kelebihan lainnya adalah kecepatan pengiriman data. “Aku bisa melukis matahari yang terbit pada pukul 6 pagi, dan pada pukul 7 pagi lukisan itu sudah diterima oleh teman-temanku,” katanya.

Lukisan-lukisan di atas iPad ini lalu dia cetak, diberinya pigura, dan dipanjang di tembok galeri. Untuk pamerannya di Paris, dia tidak hanya mempertontonkan lukisannya, tapi juga membiarkan para pengunjung untuk melihatnya bekerja dengan iPad.

Hockney menggunakan beberapa aplikasi, di antaranya adalah Brushes. Untuk melukis, dia lebih memilih menggunakan jari-jarinya ketimbang memakai stylus. Setiap jari dapat memberikan efek yang berbeda, dan itu nggak terbatas harus dengan jari-jari di tangan kanan aja. Hasil karyanya terlihat sangat alamiah, punya nilai estetis sekaligus komersial.