Menurut anda bagaimana cara pelestarian Ekosistem Danau ?

lingkungan

(Raka Irvaldo) #1

Negara Indonesia dikenal dengan berbagai julukan. Zamrud khatulistiwa, merujuk pada letak negara Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa dan tanahnya yang hijau dan subur terlihat seperti zamrud. Julukan negara maritim, merujuk pada wilayah wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari perairan. Peneliti dunia pun menjuluki Indonesia sebagai negara megabiodiversitas karena keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia. Julukan – julukan tersebut sangat tepat.

Bukan rahasia lagi tanah Indonesia yang subur didukung dengan iklim yang tropis membuat sumber daya alam Indonesia makin melimpah. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup khususnya manusia. Jenis jenis sumber daya alam Indonesia seperti hewan dan tumbuhan sangat melimpah jumlahnya. Belum lagi banyaknya hewan dan tumbuhan langka yang ditemukan di Indonesia. Bukan hanya sumber daya alam hayati, kekayaan sumber daya abiotik juga sangat melimpah. Barang tambang seperti emas dan minyak bumi di Indonesia adalah komoditi yang sangat diminati masyarakat dunia.

Sayangnya keserakahan manusia membuat keseimbangan ekosistem darat, air, dan udara mulai terganggu. Disadari maupun tidak, kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya banyak menyebabkan kerusakan – kerusakan pada alam. Oleh karena itu manusia harus menjaga kelestarian ekosistem buatan dan alami. Namun sebelumnya, manusia harus terlebih dahulu menyadari kegiatan macam apa yang menciptakan masalah dalam ekosistem dan bahaya tidak melestarikan lingkungan.


(Mashuda Bahtiar) #2

Danau merupakan salah satu contoh ekosistem air tawar yang tidak mengalir. Ciri ciri ekosistem air tawar adalah tingkat salinitasnya sangat rendah. Beberapa cara untuk melestarikan ekosistem danau diantaranya:

  1. Tidak membuang sampah dan limpah di danau
  2. Mengontrol pertumbuhan gulma di sekitar danau
  3. Menertibkan pembangunan pembangunan yang ada di sekitar danau agar tidak merusak ekosistem danau
  4. Menanami pepohonan disekitar danau
  5. Menjaga keadaan tanah agar tidak terjadi sedimentasi berlebihan yang menyebabkan danau meluap