Menurut Anda, apa yang menjadi “the three fundamental and interdependent economic problem”?

Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dan masyarakat secara individu atau kelompok dalam usahanya memenuhi kebutuhan, guna mencapai keadaan di mana seseorang dapat memenuhi kebutuhannya atas barang/jasa tertentu dengan sarana yang dimiliki.

Tiga permasalahan pokok yang berkaitan dengan pembahasan ilmu ekonomi (the three fundamental and interdependent economic problem) adalah:

  1. What commodities shall be produced and what quantities? Hal ini membahas barang-barang apa yang akan dihasilkan dan berapa banyaknya. Dan hal ini berbicara tentang masalah-masalah penyaluran sumber ekonomi (allocation of resources).

  2. How shall goods be produced? Berbicara soal bagaimana barang-barang dihasilkan, dan oleh siapa, dengan sumber ekonomi apa saja, dan dengan tingkat teknologi yang bagaimana barang-barang tersebut dihasilkan (produksi).

  3. For whom shall goods be produced? Berbicara tentang untuk siapa barang-barang dihasilkan. Artinya, siapa saja pihak yang akan menikmati dan memperoleh keuntungan dari barang/jasa yang telah dihasilkan itu. Di sini juga dibahas masalah pendistribusian barang-barang tersebut demi memperoleh pendapatan (distribution of income).