Menurut Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Etsa?

Salah satu teknik dalam membuat gambar adalah dengan teknik etsa. Sebenarnya bagaimana ciri dan pengertian dari teknik Etsa ini?

Etsa merupakan teknik cetak yang menggunakan plat tembaga, seng atau baja sebagai klise/media acuan cetak. Larutan yang digunakan untuk membuat klise adalah Nitrat (HNO3), karena larutan HNO3 bersifat korosif terhadap logam tembaga dan lainnya. Proses pembuatannya adalah plat tembaga ditutup dengan lapisan semacam lilin, selanjutnya lapisan tersebut digores dengan jarum etsa runcing, agar bagian logamnya terbuka. Selanjutnya plat tembaga tersebut dicelupkan atau disapukan di atasnya dengan larutan HNO3, maka bagian plat tembaga yang telah digores dengan jarum etsa artinya bagian plat tembaga yang terbuka, tidak terlapisi lilin akan terkikis. Berikutnya plat dibersihkan dari sisa lapisan, kemudian proses pencetakan bisa dimulai.

Permukaan plat tembaga dilumuri tinta cetak grafis, tinta dibersihkan dari permukaan plat tersebut, sehingga hanya tinta yang tertinggal yang berada di garis yang digores jarum etsa lalu plat logam diletakkan pada alat press bertekanan tinggi di atas lembaran kertas yang telah dibasahi/dilembabkan dengan air, selanjutnya dipres, maka kertas akan mengambil tinta dari garis hasil goresan jarum etsa dan karya grafis seni teknik etsa telah jadi.