Menjaga Kesehatan di Depan Komputer ?

Kita sudah sering mendengar kasus kematian diakibatkan seringnya bermain komputer, lalu bagaimana sebenarnya cara yang baik agar kita tetap sehat meskipun harus bekerja didepan komputer ? apakah ada tips yang baik dalam menggunakan komputer ?

Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran
Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Pada umumnya daging, sayur dan buah-buahan mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata membutuhkan vitamin A yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran serta buah. Bagi Anda yang sering berhadapan di depan layar monitor, alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut.

Menggunakan Pelindung Layar
Pelindung layar untuk sebuah komputer sangat penting untuk melindungi mata dari pancaran langsung sinar. Untuk itu mempertimbangkan penggunaan pelindung layar merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kaca mata pelindung mata saat di depan komputer.

Tempatkan Komputer Di Ruangan Cukup akan Cahaya
Menempatkan komputer di ruangan cukup cahaya menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata. Secara medis bermain komputer di tempat yang redup dengan kondisi sinar yang dihasilkan layar dapat mempengaruhi kinerja mata. Untuk itu gunakan juga kacamata pelindung atau pelindung layar.

Mengatur Kecerahan pada Layar Monitor
Penting juga untuk memperhatikan cara yang satu ini yaitu mengatur kecerahan pada layar monitor. Cerahnya layar
monitor dapat mempengaruhi tingkat fleksibilitas pada otot mata. Hindari kondisi layar terlalu cerah dan hindari juga kondisi layar terlalu redup. Anda harus menyeimbangkan kondisi layar pada monitor.

Mengistirahatkan Mata Secara Berkala
Menjaga kesehatan mata di depan komputer berikutnya adalah mengistirahatkan mata secara berkala. Secara normal mengedipkan mata sebanyak 18 kali dalam satu menit. Namun dengan menatap layar komputer maka intensitas mengedipkan mata akan berkurang. Oleh sebab itu istirahatkan mata secara berkala atau mengalihkan pandangan untuk menghindari kelelahan mata. Manfaatkan waktu istirahat untuk merelaksasikan mata.

Referensi